Home  / Internasional
Warga Tewas Tertembak saat Demonstrasi George Floyd, Kepala Polisi Dipecat
Selasa, 2 Juni 2020 | 21:47:24
(Foto: AP)
Steve Conrad
LOUISVILLE - Kepala kepolisian Louisville, Negara Bagian Kentucky, Amerika Serikat, Steve Conrad, dipecat, Senin (1/6/2020). Penyebabnya, seorang warga tewas akibat terkena tembakan dalam demonstrasi mengecam pembunuhan pria kulit hitam George Floyd.

Korban, David McAtee, diketahui bukan demonstran melainkan pemilik restoran yang berada di dekat lokasi unjuk rasa.

McAtee diduga terkena tembakan dari anak buah Conrad. Saat itu polisi dibantu pasukan Garda Nasional membubarkan massa terkait pemberlakuan jam malam.

Polisi beralasan mereka melepaskan tembakan untuk merespons tembakan dari arah massa.

Wali Kota Louisville Greg Fischer mengatakan, kamera tubuh di petugas yang menembak tidak aktif karena saat kejadian lokasi sedang kacau. Namun pihak berwenang berusaha mencari rekaman video dari sumber lain untuk melengkapi penyelidikan.

"Kegagalan institusi ini tidak akan ditoleransi. Karena itu, saya membebastugaskan Steve Conrad dari posisinya sebagai kepala Departemen Kepolisian Metro Louisville," kata Fischer, dikutip dari Associated Press, Selasa (2/6/2020).

Senada dengan Fischer, Gubernur Kentucky Andy Beshear mengatakan, tak aktifnya kamera tubuh pada pelaku tidak dapat diterima.

"Ini merupakan alasan utama kami punya kamera-kamera itu," kata Beshear.

Kamera tubuh biasanya dipasang di dada atau bahu polisi untuk merekam segala tindak tanduk petugas. Tujuannya untuk menghindari penyelewengan karena mereka terpantau terus selama dinas.

Lebih lanjut Beshear memberikan wewenang pebuh kepada polisi negara bagian untuk melakukan penyelidikan independen kematian McAtee.

Selain Conrad, dua petugas kepolisian Louisville dan dua pasukan Garda Nasional dinonaktifkan sementara. Mereka diketahui ikut melepaskan tembakan ke arah massa.

Sementara itu aksi keprihatinan atas kemarian McAtee digelar pada Senin sore.

Massa menggelar aksi damai dengan berjalan serta menggunakan kendaraan, dimulai dari pusat kota Louisville ke lokasi penembakan McAtee. Beberapa pengendara membunyikan klakson dan mengepalkan tangan ke atas sebagai bentuk solidaritas.


(iNews.id)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Hakim Tolak Gugatan Keluarga Trump soal Buku Keponakan
Fan K-Pop dan Pengguna TikTok Sabotase Kampanye Trump
Trump Bela Polisi yang Tembak Warga Kulit Hitam Atlanta
Dana White: Semoga Penembak Texas Bukan Petarung UFC
Buntut Penembakan Warga Kulit Hitam AS, Pedemo Bakar Restoran

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter