Home  / Internasional
Awas! Penyakit Mirip SARS Kini Hantui China?
Senin, 20 Januari 2020 | 08:48:51
Foto: CNBC Indonesia TV
JAKARTA - Penyakit mirip SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome/ sindrom pernapasan akut berat), yang terjadi karena virus coronavirus, kembali hantui China. Kali ini pemerintah melaporkan ada 17 penderita baru yang terinfeksi penyakit mematikan ini.

"Tiga orang dikatakan dalam kondisi serius," tulis Reuters mengutip Komite Kesehatan kota Wuhan, tempat penyakit tersebut berasal.

Sebelumnya, China mencatat sudah ada tiga penderita yang tewas karena penyakit ini. Dilansir dari AFP, total sudah ada 140 laporan kasus soal penderita penyakit ini.

Selain China, World Health Organization (WHO/ Badan Kesehatan Dunia) melaporkan penyakit ini sudah menjalar ke luar China. Pasalnya ditemukan kasus di dua negara yakni Thailand dan Jepang.

Dua warga Thailand terjangkit virus ini setelah bepergian ke Wuhan. Dari hasil test laboratorium, WHO mengkonfirmasi bahwa coronavirus adalah penyebabnya.

Di Jepang, seorang lelaki juga terjangkit. Pria itu dipercaya telah melakukan kontak dengan penderita saat berada di Wuhan.

Sementara itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China mengeluarkan infografis di media sosial. Badan tingkat nasional ini meminta masyarakat tidak percaya dengan rumor terkait virus dan menekankan penyakit tersebut bukan SARS.

Komisi Kesehatan Nasional mengatakan telah bekerja sama dengan departemen lain untuk mencegah penyakit ini menyebar. Badan ini yakin wabah bisa dikendalikan.

Sebelumnya, pernyataan yang menyatakan virus ini mirip SARS sempat diutarakan WHO. Pasalnya virus diketahui berasal dari farm yang sama dengan SARS, meski sedikit lebih lemah.

Pada 2002-2003, SARS mewabah pertama kali di China. Saat itu, sekitar 800 orang tewas secara global karena SARS.

(cnbcindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Brazil Umumkan Kasus Corona Pertama di Amerika Latin
Heboh Pasien Suspect Virus Corona di Semarang Meninggal, Why?
Seorang WN Prancis Meninggal Usai Terinfeksi Virus Corona
Pasien Suspect Corona Semarang Meninggal, Hasil Lab Negatif
Diduga Mata-mata Swedia, China Penjarakan Penulis Buku

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad