Home  / Internasional
Usai ‘Minggu Tenang’, Bentrokan Kembali Terjadi di Hong Kong
Senin, 2 Desember 2019 | 09:02:02
Demonstrasi di Hong Kong. (AP Photo/Vincent Yu).
JAKARTA - Aparat kepolisian Hong Kong kembali terlibat bentrok dengan puluhan ribu demonstran pada Minggu (1/12). Polisi beberapa kali menembakkan gas air mata dan semprotan merica ke kerumunan massa yang berpakaian hitam .

Aksi protes ini terjadi sepekan setelah para calon pro-demokrasi terpilih dalam pemilihan dewan distrik. Unjuk rasa tersebut pun mengakhiri 'minggu tenang' yang sempat terjadi usai serangkaian aksi demonstrasi besar-besaran terjadi sejak hampir enam bulan terakhir.

Bentrokan ini juga menandai dimulainya kembali konfrontasi antara pengunjuk rasa dan polisi. Dimana aparat menembakkan gas air mata ke arah kerumunan massa, termasuk anak-anak di dalamnya.

Dikutip dari AFP, Senin (2/12), para pengunjuk rasa kembali turun ke jalan ketika mereka berusaha untuk menekan pemerintah setelah pemilihan dewan distrik pada 24 November yang memenangkan anggota dewan pro demokrasi.

"Pemerintah masih tidak mendengarkan kami sehingga protes akan berlanjut, mereka tidak akan berhenti," kata seorang siswa berusia 20 tahun, Chen.

"Sulit untuk memprediksi apa yang akan terjadi. Tetapi orang-orang masih sangat marah dan menginginkan perubahan," kata dia.

Demonstrasi pada hari Minggu ini awalnya berjalan damai, dengan orang-orang bergerombol di sekitar tepi sungai. Para peserta membawa atribut demonstrasi seperti spanduk.

"Jangan pernah lupakan mengapa Anda memulai," begitu salah satu tulisan pada spanduk yang dibawa oleh pengunjuk rasa.

Seorang gadis kecil dengan rambut kuncirnya memimpin nyanyian berisi tuntutan mereka untuk pemilihan langsung legislatif dan eksekutif pemerintah kota.

(cnnindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Demo di Mabes Polri, PA 212 Ungkit Kasus Ahok dan Sukarno
Kronologi Bentrok FUI-Banser NU: Diawali Demo Gus Muwafiq
Banser NU Bentrok dengan Kelompok Islam Lainnya, PWNU Jateng Keluarkan Imbauan
Besok, Buruh Jawa Barat Mogok & Demo Besar 3 Hari Beruntun!
Pendemo RKUHP Bakal Diadili, Netizen Serukan #BebaskanLuthfi

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad