Home  / Internasional
Tetangga Indonesia Punya Jet Tempur Bersenjatakan Laser dari Israel
Selasa, 19 November 2019 | 16:37:35
Photo : thairath
Jet tempur F-5TH Super Tigris milik Thailand.
Tetangga Indonesia, Thailand, memperpanjang usia pakai jet tempur F-5 Tiger. Tak tanggung-tanggung, pesawat buatan Amerika Serikat (AS) itu bakal dibekali senjata laser buatan Israel.

Tak heran mengapa Thailand bebas membeli alat utama sistem persenjataan (alutsista) buatan Israel, karena kedua negara memiliki hubungan diplomatik.

Sebagai informasi, Indonesia, dalam hal TNI Angkatan Udara (AU), memutuskan untuk memensiunkan F-5 Tiger setelah 36 tahun menjaga langit Indonesia.

Jet tempur yang mulai beroperasi pada 7 April 1980 oleh TNI AU itu rencananya akan diganti oleh Sukhoi Su-35 buatan Rusia.

Mengutip situs Janes, Selasa, 19 November 2019, AU Thailand siap memodernisasi 14 unit jem tempur F-5 Tiger lewat program 'Super Tigris' dari Skuadron 21 Air Wing 21 Ubon Ratchathani.

Pemanfaatan teknologi militer asal Israel oleh Thailand ini sebenarnya sudah terendus sejak 2014. Saat itu, Elbit Systems, perusahaan elektronik pertahanan, mengaku telah memperoleh kontrak senilai US$85 juta untuk meng-upgrade armada jet tempur Northrop F-5 Tiger dari salah satu negara di Asia Tenggara.


Namun ketika itu, nama negaranya tidak disebutkan. Kini, AU Thailand tengah melakukan uji coba untuk mengintegrasikan bom berpemandu laser buatan Elbit Systems Lizard dengan F-5E Tiger II yang ditingkatkan menjadi F-5TH Super Tigris.

Jet tempur F-5TH Super Tigris kini dipersenjatai dengan rudal udara-ke-udara jarak pendek IRIS-T. Selain itu, pesawat ini juga akan dapat menggunakan rudal udara-ke-udara jarak jauh (beyond visual range/BVR) I-Derby buatan Rafael Israel.

Selain itu, durasi terbang dan umur jet tempur F-5TH Super Tigris diperpanjang menjadi masing-masing 2.400 jam terbang dan 15 tahun. Untuk pilot, mereka akan dimanjakan oleh helm Dash IV buatan Elbit Israel yang sudah terintegrasi oleh senjata tersebut.

Ditambah dengan perangkat Electronic Warfare buatan Rafael Sky Shield dan Link-T Datalink taktis yang dikembangkan Thailand, maka menjadikan F-5TH Super Tigris memiliki kemampuan yang setara dengan pesawat tempur generasi 4,5 seperti jet tempur Saab Gripen C/D buatan Swedia yang juga dimiliki Angkatan Udara Thailand yang bermarkas di dari Skuadron 701 Air Wing 7 Surat Thani.

(viva.co.id)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Gubri Hadiri Pertemuan IMT GT di Thailand
Teken MoU, STIE Syariah Bengkalis dan Fatoni University Thailand Sepakat Kerjasama Akademik
Tanggapan Menpar soal Kekecewaan Turis Thailand saat Perjalanan ke Bromo
Danramil 08/Tandun Beri Pembekalan Anggota Kompi Tempur 1 Batalyon 132/Bima Sakti
Cuaca Buruk, Tujuh Jet Tempur Perancis Mendarat di Aceh Besar

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad