Home  / Internasional
Wanita 74 Tahun Melahirkan Bayi Kembar, Kok Bisa?
Minggu, 8 September 2019 | 11:34:11
(B. Venugopalarao/ SCIENCE ALERT)
Mangayamma Yaramati (74) melahirkan bayi kembar lewat operasi caesar.
Mangayamma Yaramati (74) melahirkan bayi kembar lewat operasi caesar.(B. Venugopalarao/ SCIENCE ALERT)

Mangayamma Yaramati (74) tinggal di wilayah Andhra Pradesh, selatan India. Baru-baru ini, ia melahirkan anak kembar di rumah sakit di wilayah tersebut. 

Anak kembar tersebut dilahirkan lewat operasi Caesar oleh dr Sankkayala Uma Shankar. Dokter spesialis In Vitro Fertilization (IVF) tersebut mengatakan kepada The Post bahwa ibu dan kedua bayinya saat ini dalam kondisi baik. 

"Kehamilannya berjalan mulus. Tidak ada komplikasi. Ia (Yaramati) hanya memiliki masalah pernafasan, namun bisa diatasi," tutur dr Sankkayala kepada Hindustan Times. 

Yaramati dan suaminya, Sitarama Rajarao yang berusia 82 tahun, telah mengidamkan hadirnya buah hati selama bertahun-tahun. 

"Kami berusaha terus, dan menemui sangat banyak dokter. Ini adalah momen paling bahagia dalam hidup saya," tutur Yaramati kepada BBC, seperti dilansir dari Science Alert, Sabtu (7/9/2019). 

Bayi kembar tersebut dihasilkan lewat IVF. Oleh karena Yaramati telah menginjak masa menopause, sel telur dari pendonor difertilisasi menggunakan sperma milik suaminya sebelum diimplan ke rahim Yaramati. 

Shannon Clark, professor bidang kebidanan dan janin di University of Texas Medical Branch mengatakan, kelahiran bayi kembar ini memang tidak biasa. Namun bisa menjadi solusi bagi wanita yang ingin memiliki anak pada usia menopause. 

"Dengan menggunakan sel telur pendonor, seperti yang dilakukan Yaramati, wanita bisa hamil di usia yang tidak muda," tuturnya. 

Sejauh ini Yaramati, di usianya yang ke-74, adalah wanita tertua di dunia yang melahirkan anak. Namun hal ini belum terverifikasi. Tiga tahun lalu seorang wanita yang juga asal India, Daljinder Kaur, melahirkan pada usia 70 tahun. 

Pada 2007, seorang wanita asal Inggris memecahkan rekor dalam hal persalinan normal. Ia melahirkan secara normal pada usia 59 tahun.

(kompas.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Kena Jerat Babi di Sungai Mandau, Kaki Bayi Gajah Terluka dan Nyaris Putus
Diskes Riau Investigasi Bayi Meninggal Diduga Terpapar Asap
HEADLINE: Dewan Pengawas Disahkan, Ciptakan Matahari Kembar di KPK?
Melahirkan Bayi Laki-Laki Lebih Sakit, Benarkah?
Aksi Heroik Satgas Tinombala Selamatkan Ibu Melahirkan

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad