Home  / Internasional
Vienna Jadi Kota Paling Layak Huni di Dunia, Berikut Daftar 10 Kota Lainnya
Rabu, 4 September 2019 | 13:19:28
(www.telegraph.co.uk)
Salah satu sudut kota Wina Austria
JAKARTA - Berdasarkan laporan Global Liveablility Report 2019 yang dilakukan oleh The Economist Intelligence Unit (EIU) menunjukkan, Vienna menjadi kota paling layak huni di dunia. 

Tahun ini menjadi tahun kedua Vienna mendapat julukan tersebut, setelah tahun lalu mendepak Melbourne yang selama tujuh tahun berturut-turut telah menempati posisi pertama sebagai kota paling layak huni di dunia. 

Kota di negara Austria tersebut mendapatkan skor hampir sempurna, dengan skor luar biasa didapatkan di empat dari lima kategori penilaian, yaitu stabilitas, kesehatan, kebudayaan dan lingkungan, pendidikan serta infrastruktur. 

Berada di bawah Vienna terdapat Melbourne, Sydney, Osaka dan Calgary. Adapun selisih skor antara Vienna dan Melbourne sangat tipis, yaotu sebesar 0,7 poin, dengan masing-masing skor Vienna dan Melbourne sebesar 99,1 poin dari 100 dan Melbourne 98,4 poin. 

Dalam daftar 10 besar kota paling layak huni, Australia memiliki 3 kota yang masuk di dalam daftar tersebut. Selain Melbourne dan Sydney, Adelaide juga masuk ke dalam daftar menempati posisi ke-10. Sementara hanya satu kota dari kawasan Eropa yang masuk ke dalam daftar, yaitu Copenhagen yang merupakan ibu kota dari Denmark, dan menempati posisi ke sembilan.

Adapun mewakili Asia, Osaka dan Tokyo masuk ke dalam daftar dengan masing-masing menempati posisi keempat dan ketujuh. Sementara dari daratan Kanada, selain Calgary, juga terdapat Vancouver yang menempati posisi ke-enam dan Toronto di posisi ketujuh. 

Sehingga dapat disimpulkan, Asia dan Australia mendominasi dalam daftar 10 besar kota layak huni dengan 8 kota di dalamnya berasal dari kedua wilayah tersebut. 
Adapun secara rata-rata, kota-kota di Asia hanya mendapatkan skor 73,1, lebih rendah dari rata-rata global yang sebesar 75,8. Sebab, kota-kota di Asia yang tidak berada di Jepang, Australia dan Selandia Baru masuk dalam daftar kurang layak hhuni.

Vienna Jadi Kota Paling Layak Huni di Dunia, Berikut Daftar 10 Kota Lainnya

Kota- kota di Asia yang mendapatkan skor paling layak huni (di atas 80) selain yang sudah masuk dalam daftar 10 besar adalah Hong Kong, Singapura, Seoul, Taipei dan Noumea. Bahkan, beberapa kota di Asia masuk ke dalam daftar kota paling tidak layak huni, seperti Port Moresby di posisi ke 135, Karachi di 136 dan Dhaka menempati posisi 138 dari 140 negara disurvei. 

Beberapa kota utama dunia menerima skor beragam. London dan New York peringkat 48 dan 58 dari 140 kota dalam survei. Keduanya mendapatkan nilai sangat tinggi untuk fasilitas budaya, namun di kategori stabilitas cenderung rendah karena persepsi risiko kejahatan dan terorisme. Sektor infrastruktur juga dianggap sebagai kelemahan. 

Adapun Berikut daftar 10 Besar Kota Paling Layak Huni di Dunia: 

1. Vienna, Autsria 

2. Melbourne, Australia 

3. Sydney, Austalia 

4. Osaka, Jepang 

5. Calgary, Kanada 

6. Vancouver, Kanada 

7. Tokyo, Jepang 

8. Toronto, Kanada 

9. Copenhagen, Denmark 

10. Adelaide, Australia

(kompas.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Dear Warga Jabar, Mau Ngga Ibu Kotanya Pindah ke Tegal?
KPK Geledah Kantor Dinas PU Kota Medan
KPK Resmi Menahan Wali Kota Medan Tengku Dzulmi Eldin
KPK: Staf Protokol Wali Kota Medan Melarikan Diri saat OTT
OTT Wali Kota Medan, KPK Sita Rp 200 Juta Uang Setoran dari Anak Buah

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad