Home  / Internasional
Trump ‘Hukum’ Perancis via Pajak Anggur, UE Siap Membalas
Sabtu, 24 Agustus 2019 | 20:06:14
(Foto: Reuters)
Foto: Presiden Dewan Eropa Donald Tusk
JAKARTA - Hubungan Uni Eropa dengan AS bisa memanas kembali. Uni Eropa siap "merespons dengan cara yang sama" jika AS mengenakan tarif baru pada Perancis karena pajak digital. 

Hal ini diungkapkan oleh Presiden Dewan Eropa, Donald Tusk, seperti dikutip dari CNBC International, Sabtu (24/8/2019).

Berbicara dalam pertemuan para pemimpin G-7 di Biarritz di Perancis, Donald Tusk mengatakan jika Presiden Donald Trump menggunakan tarif untuk alasan politik maka itu bisa menjadi risiko bagi seluruh dunia, termasuk Uni Eropa, Reuters melaporkan.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump siap membalas Perancis jika negara pusat mode ini mengenakan pajak digital kepada perusahaan-perusahaan teknologi AS. Trump mengatakan siap memajaki anggur Perancis.

Donald Trump mengatakan ia bukanlah penggemar berat perusahaan teknologi AS tetapi ia menganggap perusahaan tersebut adalah perusahaan hebat.

"Terus terang saya tidak inin Prancis mengenakan pajak perusahaan kami. Jika mereka melakukan itu ... kami akan mengenakan pajak pada anggur mereka, pajak yang belum pernah mereka lihat sebelumnya," ujar Donald Trump seperti dikutip dari Reuters.

Presiden Perancis Emmanuel Macron sudah mengumumkan pajak digital pada perusahaan teknologi besar seperti Facebook, Google dan Amazon. Alasannya, keadilan sosial.

Prancis menggunakan aturan sendiri untuk memajaki Google dan perusahaan teknologi lainnya, tak ikut dengan aturan pajak yang diterapkan Uni Eropa.

Mereka memungut pajak sebesar 3% pada perusahaan teknologi yang memiliki pendapatan sebesar 25 juta euro dari Perancis dan 750 juta euro dari seluruh dunia.

Trump menyerang kebijakan ini sebagai aturan sebagai sebuah "kebodohan". Utusan Dagangan AS Robert Lighthizer telah mengumumkan penyelidikan atas pajak digital Perancis, yang disebutnya sebagai praktik perdagangan tidak adil yang menghukum perusahaan teknologi A.S karena keberhasilan komersial mereka.

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Jokowi Sorot Tekornya RI Berdagang dengan China
33 Industri China Relokasi: 23 ke Vietnam, Tak Satupun ke RI
Ziarah Syuhada Perang Uhud dan Kisah Gugurnya Paman Rasulullah
PSG Menang Atas Metz, Meski Tanpa Neymar dan Mbappe
Bukan AS-China, Kali Ini Perang Dagang Jepang-Korsel Memanas

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad