Home  / Internasional
Tak Banyak Cuap-Cuap, Kurang 2 Tahun Vietnam Punya Mobnas
Senin, 17 Juni 2019 | 16:33:39
REUTERS / Kham
Hai Phong, Vietnam 14 Juni 2019.
JAKARTA - Vietnam cuma butuh kurang dari dua tahun untuk merealisasikan proses produksi mobil nasional (mobnas). Mobil Vinfast kebanggaan mereka sudah tahap produksi dan pengiriman pertama pada pekan ini. 

Padahal, acara seremoni pembangunan pabrik Vinfast di kawasan Industri Dinh-Vu Cat Economic Zone, Haipong Vietnam baru dihelat 2 September 2017 lalu. Artinya hanya dalam kurun waktu 21 bulan, proses produksi mobil Vinfast sudah terjadi. Capaian ini disebut-sebut sebagai rekor pembangunan pabrik mobil. 

Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc pada Accra seremoni peresmian pembangunan pabrik Vinfast awal September 2017, bahwa "ini salah satu perayaan penting di usia kemerdekaan Vietnam yang ke-72 tahun".

Media lokal Vietnam Khan Dan Online melaporkan bahwa pabrik Vinfast akhirnya diresmikan pada 14 Juni 2019 lalu oleh PM Xuan Phuac, dalam sambutan, Xuan Phuac mengatakan selesainya pabrik Vinfast dalam maktu singkat sebagai "keajaiban" bagi industri mobil Vietnam dan Dunia.

Pabrik Vinfast berada di lahan seluas 500.000 meter persegi, dengan kapasitas produksi 250.000 mobil per tahun, dan bisa ditingkatkan menjadi 500.000 unit untuk tahap kedua. Pabrik Vinfast ditargetkan menyerap 20.000 tenaga kerja. 

VinFast memproduksi mobil sedan sedan dan SUV. Kedua model itu mengusung platform yang digunakan oleh BMW dan ditenagai oleh mesin turbo BMW 2.0 L. Mesin itu kemudian dimodifikasi oleh ahli mesin Austria, AVL agar cocok dengan karakter mobil VinFast.

(cnbcindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Ratusan Mobil Dinas Pemprov Riau Masih Tertahan
Harus Ada Sanksi Bagi ASN Bawa Mobnas Mudik
Pengemis Bogor Punya Sopir Pribadi, Sehari Raup Rp1,5 Juta
Punya Rumah Tidak Harus Mimpi
NIK E-KTP Warga China yang Viral atas Nama Bahar

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad