Home  / Internasional
Suasana Lebaran, Ada Wingko dan Getuk di Amerika Serikat
Rabu, 5 Juni 2019 | 22:09:05
(dok Kedubes Indonesia untuk AS)
Foto: Suasana Lebaran di Negeri Paman Sam Washington DC
JAKARTA - Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 H tak hanya dirasakan segenap umat muslim di Indonesia. Di sejumlah negara, momentum Lebaran pun ikut diramaikan dengan cara yang berbeda-beda.

Tak terkecuali di Amerika Serikat (AS), saat Duta Besar Indonesia untuk Amerika, Mahendra Siregar menggelar open house di kediamannya di Washington DC, pada Selasa (4/5/2019).

Mengutip keterangan resmi Kedutaan Besar Indonesia untuk Amerika yang diterima CNBC Indonesia, Rabu (5/5/2019), sebanyak 2.000 warga negara Indonesia dari berbagai elemen memadati pelataran Wisma Indonesia di kediaman Dubes Mahendra.

Meskipun hari raya Idul Fitri jatuh bersamaan dengan hari kerja, namun suasana Lebaran begitu dirasakan masyarakat Indonesia yang berada di AS. Sebagian dari mereka, bahkan rela mengambil cuti.

"Momentum halal bi halal ini sangat penting untuk menjaga dan memperkuat persatuan antar masyarakat Indonesia," kata Dubes Mahendra.

Acara open house digelar sejak pukul 12:00 hingga 16:00 waktu setempat, dan memang rutin tiap tahun digelar untuk mengobati rasa rindu masyarakt terhadap Indonesia.

Ragam pakaian muslim dan batik menghiasi suasana Lebaran di negeri Paman Sam tersebut. Menu makanan yang disiapkan, pun khas suasana Lebaran di Tanah Air.

Misalnya, opor ayam lengkap dengan ketupat, rendang, sambal goreng hati, sayur labu siam, serta aneka kue tradisional seperti Asinan Bogor, Gethuk, Wingko Babat, hingga Es Teler.

"Suasanya sangat mirip di tanah air. Setiap tahun saya selalu datang," kata Hema, seorang warga negara Indonesia yang bermukim di Virginia.

Tak hanya dari menu makanan khas Indonesia, suasana Lebaran makin terasa hikmat karena para tamu juga disuguhkan lantuan lagu-lagu religi Islami yang dibawakan secara khusus. 
(cnbcindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Polsek Senapelan Amankan 454 Gram Sabu dan 7.425 Ekstasi, Kurir Mengaku Mendapat Upah Rp 5.000 Perbutir
Pasca Cuti Lebaran Dandim 0313/Kpr Pimpin Apel Pengecekan
Kemenhub Batal Larang Diskon Tarif Ojek Online, Tapi...
Gubri Syamsuar Hadiri Tradisi Raya Enam di Bangkinang
Diguyur Hujan, Pekanbaru Dikepung Banjir

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad