Home  / Internasional
Dokter Pakistan Diduga Sengaja Tularkan HIV Kepada Anak-anak
Sabtu, 18 Mei 2019 | 07:04:31
(Stocksnap/Leeroy)
Ilustrasi anak-anak.
Seorang dokter di Pakistan, Muzzafar Ghangharo, ditangkap setelah diduga menyebabkan sekitar 400 anak dan 100 orang dewasa dinyatakan positif terinfeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV).

Peristiwa ini berawal ketika Ghangharo yang positif mengidap AIDS, diduga menularkan penyakit itu kepada pasien-pasiennya pada awal April lalu. Aparat masih menyelidiki kasus itu.

Menurut laporan dari Kepala Program Pengendalian AIDS di provinsi Sindh, Sikandar Memon, para petugas telah memeriksa sekitar 13,800 penduduk Larkana. Hasilnya pun mengejutkan karena sekitar 410 anak-anak dan 100 orang dewasa dinyatakan positif terjangkit HIV.

"Kami sangat terpukul saat mengetahui bahwa putra kami positif HIV," ujar Rehmat Bibi, ibu dari Ali Raza (10) yang dinyatakan mengidap AIDS," seperti dilansir AFP, Jumat (17/5).

Bibi juga mengatakan Raza menjadi satu-satunya dari seluruh anggota keluarga yang positif terjangkit HIV.

Ia mengatakan awalnya tidak ada yang aneh ketika putranya itu mengalami demam. Dokter hanya memberikan resep obat sirup paracetamol untuk Raza dan memberitahu tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Akan tetapi, Bibi panik ketika mendapat informasi bahwa sejumlah anak yang mengalami demam di desa-desa dekat ia tinggal dinyatakan positif HIV. Setelah menjalani uji laboratorium, pihak rumah sakit mengkonfirmasi bahwa putranya termasuk dalam 500 orang, dengan mayoritas anak-anak, yang terkena HIV.

Sementara itu, Kementerian kesehatan Pakistan telah melaporkan sekitar 23,000 kasus terkait penularan HIV. Petugas kesehatan Pakistan juga menginformasikan virus HIV kerap kali disebarkan ke seluruh wilayah melalui penggunaan jarum suntik yang tidak steril.

(cnnindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Tembak Kontraktor, Anak Bupati Majalengka Ditahan
Anak Bupati Majalengka Tak Ditahan, Komisi III Minta Kapolri Tegas
Viral Video Penyiksaan Anak Usia Dua Tahun, Ini Faktanya
Kapan Anak Perlu Deteksi Dini Diabetes?
Riau Urutan 11 Kasus HIV/AIDS di Indonesia

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad