Home  / Hukrim
Mahasiswa Gadungan, Provokator Perusak Mobil Polisi Saat Demo Tolak Omnibus Law Ditangkap
Senin, 12 Oktober 2020 | 19:37:16
riaueditor
Tersangka Guntur alias Gugun.
PEKANBARU, riaueditor.com - Polda Riau menangkap seorang pria yang diduga terlibat perusakan mobil PJR Ditlantas Polda Riau yang terparkir diparkiran Hotel Tjokro Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, saat pembubaran aksi unjuk rasa mahasiswa, Kamis (08/10/2020) kemarin. 

Pelaku, Guntur Yuliawan alias Gugun (24) ditangkap sewaktu bersembunyi diwilayah Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, akibat viralnya video yang merekam pengrusakan yang dilakukan tersangka di media social.

"Dia (Guntur-red) ditangkap pada Senin (12/10/2020) berdasarkan penyelidikan dan hasil video closed circuit television (CCTV) cek wajah, gestur, hasilnya sama," ujar Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Senin (12/10).

Usai diamankan, Guntur mengaku dirinya bukanlah mahasiswa dan hanya menyamar menggunakan jas almamater Universitan Lancang Kuning yang dipinjam dari seorang temannya 

Mahasiswa gadungan yang bekerja sebagai mekanikal di Kabupaten Siak itu melakukan pengerusakan terhadap mobil milik PJR Polda Riau itu dikarenakan pelaku marah dan kesal karena dibubarkan oleh pihak kepolisian, sehingga pelaku melampiaskan kemarahan dengan cara merusak mobil sedan dinas polisi lalu lintas tersebut. 

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 170 dan atau Pasal 406 atau Pasal 214 KUHPidana Jo 55 KUHP dengan ancaman pidana hukuman penjara selama-lamanya 5 tahun 6 bulan.

"Pelaku saat ini masih menjalani pemeriksaan intensif dan akan di proses sesuai hukum dengan adil," kata Kapolda Riau. 

Sebelumnya diberitakan, pembubaran aksi unjuk rasa mahasiswa memprotes Undang-undang Omnibus Law terkait Cipta Kerja di DPRD Riau berakhir ricuh, Kamis (08/10/2020).

Pelaku merusak sebuah mobil sedan milik PJR Ditlantas Polda Riau yang kebetulan terparkir di parkiran Hotel Tjokro di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru. 

Dalam rekaman CCTV dan video amatir warga sekitar, terlihat pelaku memprovokasi dengan melakukan penendangan dan pelemparan batu serta pemukulan menggunakan kayu terhadap mobil tersebut.

Massa pendemo yang melihat perbuatan pelaku terpancing, lalu ikut bersama-sama melempari mobil dan memukul dengan kayu sambil kemudian membalikkan mobil tersebut. (R11)


Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Kesaksian Mahasiwa Papua dari Pelosok Kalbar, Sebut Papua Berkembang Pesat
BEM UGM Boikot Acara Kampus Bertendensi Dukung UU Ciptaker
Demo Omnibus Law, Mahasiswa Bakar Ban di Kawasan Patung Kuda
Patroli di Pasar Tradisional, Polisi Himbau Tentang Prokes Serta Gangguan Kamtibmas
Surat Perintah Staf Milenial Jokowi ke Mahasiswa Picu Kritik

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter