Home  / Hukrim
Ini Peran 3 Pelaku yang Ditangkap Terkait Pembakar Mobil Ketua IPK di Rohul
Minggu, 11 Oktober 2020 | 19:36:34
riaueditor
PEKANBARU, riaueditor.com - Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengatakan, 3 dari 6 pelaku pembakar mobil Mitsubishi Strada Triton Nopol BM 8996 LN milik Ketua DPC IPK Kabupaten Rokan Hulu, Kabul Situmorang beberapa waktu lalu memiliki peran yang berbeda-beda dalam beraksi.

"Jadi ada 3 orang yang ditangkap terkait dugaan kasus pembakaran mobil milik Kabul Situmorang di Desa Bangun Jaya, Kecamatan Tambusai Utara, Kabupaten Rokan Hulu pada Senin (14/9) dini hari sekitar pukul 02.00 Wib lalu," ujar Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi kepada wartawan, Minggu (11/10).

Menurutnya, 3 dari 6 orang pelaku itu memiliki perannya masing-masing dalam kasus pembakaran itu, yakni M Irfan sebagai sopir mobil Xenia Nopol Xenia Nopol BM 1426 ZC, Ismail sebagai eksekutor yang membawa bensin untuk membakar dan Joni berperan sebagai eksekutor yang menyiramkan bensin.

"Para pelaku ditangkap pada Rabu 23 September 2020 lalu, dilokasi berbeda setelah sembilan hari melakukan aksinya," tutur Kapolda Riau. 

Dari hasil pemeriksaan pelaku, di dapat keterangan bahwa tindakan pembakaran tersebut dilakukan bersama 3 orang pelaku lainnya yang saat ini berstatus DPO dengan diupah Rp 19 juta yaitu Irwansyah yang berperan mengawasi situasi di luar pagar rumah korban dan Firdaus sebagai eksekutor yang menyalakan korek api untuk membakar mobil korban serta Afriadi berperang memandu ke rumah korban menggunakan sepeda motor. 
 
"Tersangka Firdaus, Afriadi dan Irwansyah telah ditetapkan sebagai daftar pencarian orang (DPO). Saya harap pelaku yang memberikan perintah atau mendanai segera menyerahkan diri secara baik-baik atau akan dikejar dan tangkap dimanapun mereka bersembunyi," kata Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi.

Dalam penangkapan itu, Polda Riau menyita berbagai macam barang bukti, diantaranya mobil Mitsubishi Nopol BM 8996 LN milik korban yang terbakar, rekaman CCTV, 1 lembar surat perjanjian sewa mobil, handphone, sarung tangan kain, 1 patahan besi pagar dan hasil visum luka bakar di tangan tersangka Joni dan hasil visum luka gores ditangan tersangka Ismail.

Selain itu, pihaknya juga menyita 1 unit mobil Daihatsu Xenia Nopol BM 1426 ZC yang digunakan oleh terduga pelaku.

"Para tersangka dijerat pasal berlapis, Pasal 187 KUHP Jo Pasal 55, 56 KUHP dengan ancaman pidana hukuman penjara selama 12 tahun," pungkasnya. (R11)


Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Rutinitas Polsek Pangkalan Lesung Laksanakan Giat Saber Pungli di Wilkumnya
Tak Kenal Lelah, Prajurit Taifib 2 Marinir Akhirnya Temukan Korban Tenggelam di Kali Buntung
Polsek Pangkalan Lesung Tangkap Dua Pelaku Pencurian Buah Sawit
Kapolsek Bandar Sei Kijang Berkordinasi Dengan Puskesmas Terkait Perkembangan Covid-19
Polisi Tangkap Pelaku Pembakar Motor Pacar dan Mobil X-Trail di Kosan Pekanbaru

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter