Home  / Hukrim
4 Terdakwa Kasus Narkoba di Dumai Dituntut Hukuman Mati dan Seumur Hidup
Selasa, 1 September 2020 | 00:52:57
Pembacaan tuntutan digelar pada persidangan di Pengadilan Negeri Dumai secara online
DUMAI - Empat terdakwa kasus narkoba dituntut hukuman mati dan seumur hidup Kejaksaan Negeri Dumai Senin (31/8). Pembacaan tuntutan digelar pada persidangan di Pengadilan Negeri Dumai secara online.

Untuk tuntutan pidana mati diganjar kepada terdakwa Rizal dan Rapi Rahmat Hidayat. Sedangkan tuntutan pidana seumur hidup kepada Hendra Saputra dan Riman Ria Putra. 

"Para terdakwa dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika," kata Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Dumai, Priandi Firdaus. ?

Priandi mengungkapkan, perbedaan tuntutan pidana ini atas pertimbangan berdasarkan fakta-fakta di persidangan. 

"Tuntutan pidana mati untuk saudara Rizal dan Rapi sebagai kurir penjemputan barang bukti narkoba," ujar Priandi.

Sedangkan tuntutan seumur hidup, kata Priandi, diberikan karena peran terdakwa Hendra dan Riman sebagai pendamping melakukan penjemputan. Penjemputan barang bukti narkoba tersebut dilakukan di tengah perairan Dumai dengan kapal kayu. 

Sidang yang dipimpin ketua majelis hakim PN Dumai Alfonsus Nahak itu, berlangsung secara virtual. Para terdakwa mendengarkan tuntutan dari layar di Markas Polres Dumai. 

Kasus ini diungkap oleh BNN bersama Bea Cukai Dumai. Keempat terdakwa ditangkap pada Senin, 17 Februari 2020 lalu. Dari terdakwa, petugas berhasil mengamankan barang bukti 10 bungkus (10 kg) dan pil ekstasi sebanyak 6 bungkus atau kurang lebih 60.000 butir. 

Pengungkapan kasus ini berawal berkat adanya informasi penyelundupan narkoba dari Malaysia menuju Indonesia melalui jalur laut di wilayah Dumai. Tim BNN pertama sekali menangkap Rizal, Rapi yang kemudian diketahui merupakan anggota Polri dan Hendra di depan sebuah swalayan di Kelurahan Bukit Timah Kecamatan Bukit Timah, Kota Dumai. (MCR)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Ini Komentar Branch Manager Tol Pekanbaru-Dumai Soal Kasus Kecelakaan di Tol
Pengelola Tol Pekanbaru-Dumai Ingatkan Pengendara Patuhi Rambu-Rambu Lalu Lintas
Pengedar Narkoba Dibekuk Saat Razia Antisipasi Pergeseran Massa Unras Omnibus Law Polsek Bunut
Polda Riau Ungkap Jaringan Narkoba Lapas di Riau dan Jaringan Malaysia, Sita 64,87 Kg Lebih Sabu dan 9.998 Butir Ekstasi.
Tak Butuh Waktu Lama, 3 Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Diringkus Satres Narkoba Polres Siak

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter