Home  / Hukrim
KPK Dalami Temuan BPK terkait Anggaran Negara Masuk ke Rekening Pribadi di Beberapa Kementerian
Kamis, 23 Juli 2020 | 10:43:54
(Foto: Antara).
Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron.
JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan penggunaan rekening pribadi pejabat dalam penyaluran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di sejumlah kementerian. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan akan mendalami temuan tersebut.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron. Menurutnya KPK akan menyelidiki apakah ada unsur pidana dalam temuan tersebut atau hanya sekadar kesalahan administrasi.

"KPK akan mendalami apakah ada indikasi perbuatan pidana atau kesalahan administrasi," katanya di Jakarta, Kamis (23/7/2020).

Jika KPK melihat temuan itu hanya kesalahan administrasi belaka, Ghufron mengatakan hal tersebut harus segera diperbaiki oleh instansi terkait. Namun KPK akan melakukan penindakan jika ditemukan kesalahan administrasi yang sengaja dibuat dan menimbulkan keuntungan bagi sejumlah oknum.

"Kalau kemudian ada indikasi kesalahan administrasi itu disengaja dan kemudian diduga ada keuntungan-keuntungan pribadi maka kemudian KPK tentu akan melakukan penindakan sesuai hukum yang berlaku," ucapnya.

Diketahui, BPK menemukan ada aliran anggaran negara ke rekening pribadi di sejumlah kementerian atau lembaga mencapai Rp71,78 miliar. Kementerian atau lembaga itu antara lain Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten).

Anggota BPK Hendra Sunanto berencana memanggil Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Keduanya akan diminta untuk menyelesaikan kesalahpahaman mengenai rekening pribadi ini dalam penyaluran APBN.

"Kami akan minta Kemenkeu dan Kemenhan duduk bersama biar jadi legal, jadi sudah di integrasi dan hasil pemeriksaan benar," ujar Hendra di dalam diskusi virtual di Jakarta, Selasa (21/7/2020).

(iNews.id)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Kanwil DJPb Riau Minta Pemerintah Daerah Maksimalkan Serapan Anggaran
Kemlu RI Panggil Dubes Malaysia terkait Larangan Masuk bagi WNI mulai 7 September
Kuras Uang di ATM Majikan, Sopir Pribadi di Pekanbaru di Bui
Kades Sei Geringging Sebut Dana BUMDes 2019 Masih di Rekening
Ngeri! Mulut Wanita Ini Kemasukan Ular 1,2 Meter Saat Tidur

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter