Home  / Hukrim
Perempuan Rawan Jadi Korban Jambret, Ini Tips Menghindari Kejahatan Ala Kapolresta Pekanbaru
Kamis, 27 Februari 2020 | 08:41:51
riaueditor.com
Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H Nandang Mu`min Wijaya SIK MH
PEKANBARU, riaueditor.com - Tindak kejahatan tidak mengenal waktu, bsa terjadi kapan saja. Tak peduli siapapa dan di mana, jika ada kesempatan, pelaku pasti akan menjalankan aksinya.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H Nandang Mu`min Wijaya SIK MH mengatakan, kejahatan memang merugikan banyak pihak. Bahkan kejahatan bisa mengancam keselamatan para korbannya.

"Oleh karena itu kepada seluruh masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam beraktivitas," katanya, Rabu (26/2).

Agar terhindar dari aksi kejahatan, Nandang membeber sebelas tips penting yang diharapakan, bisa menghindarkan menjadi korban kejahatan/jambret.

1. Jangan lewat tempat rawan atau sepi.

Para pelaku kejahatan khususnya jambret, biasanya juga melakukan aksinya dengan menyasar korbannya yang melewati tempat sepi. Sebab dengan melakukan aksinya di tempat sepi, dinilai akan lebih mudah dalam menjalankan aksi. Makanya, untuk masyarakat, khususnya kaum perempuan, hindari tempat sepi tersebut.

2. Waspada dengan lokasi sekitar atau saat dipepet.

Kewaspadaan saat berkendara, harus terus selalu ada. Hal ini tentunya untuk menghindari aksi kejahatan, seperti jambret. Jika ada yang mencurigakan, Cari lokasi yang aman, seperti tempat keramaian.

3. Jangan Pakai Perhiasan Berlebihan dan Mencolok

Saat berpergian, masyarakat diminta untuk sebisa mungkin meminimalisir dalam pemakaian perhiasan. Pasalnya hal tersebut, bisa mengundang para pelaku kejahatan beraksi saat korbannya lengah.

4. Jaga jarak dengan orang yang baru dikenal

Kita harus selalu waspada terhadap orang yang baru kita kenal, berpura-pura bertanya. Saat posisi kita sedang menjelaskan dan lengah, pelaku akan langsung merampas tas atau barang berharga yang kita bawa. Karena itu, selalu jaga jarak.

5. Jangan letakkan barang berharga pada dasboard motor.

Biasanya, saat berkendara, para kaum perempuan seringkali meletakkan barang berharga miliknya seperti hp maupun dompet pada dasboard sepeda motor matic. Tanpa disadari, kebiasaan inilah yang sering kali memancing para pelaku kejahatan.

6. Letakkan barang berharga pada tempat aman.

Jika memang membawa barang-barang berharga, seperti hp, dompet maupun surat-surat penting, sebisa mungkin letakkan pada lokasi yang aman. Bisa didalam tas ataupun didalam jok motor.

7. Tutupi Tas atau Masukkan Tas dalam Jaket

Jika membawa sebuah tas, jangan sampai meletakkan tas tersebut ke belakang atau ke samping. Sebab, hal itu akan memudahkan para pelaku kejahatan menjambret. Lebih baik, letakkan tas pada sisi depan. Selain itu, jika memang memungkinkan, bisa meletakkan barang atau tas dalam jaket.

8. Hindari Bermain Ponsel Saat Berada di Pinggiran Jalan

Hindari untuk bermain Hp di pinggiran jalan atau bermain Hp di lokasi sepi. Sebab, lagi-lagi hal itu memancing pelaku kejahatan (ambret) untuk beraksi.

9. Jangan Berkendara Seorang Diri

Kaum perempuan rentan menjadi korban jambret. Para pelaku biasanya juga banyak yang mengincar mereka yang berkendara seorang diri. Sehingga bilama berpergian, sebisa mungkin untuk tidak sendiri. Mintalah diantar oleh teman ataupun keluarga.

10. Hindari Berpergian Malam Hari.

Ketika malam hari, memang situasi menjadi lebih rentan lagi bagi kaum perempuan. Biasanya, saat malam hari, banyak para pelaku kejahatan yang bisa saja beraksi dan memanfaatkan lokasi yang gelap.

Maka, kembali lagi, jika memang berpergian jauh, sebisa mungkin untuk diantar oleh teman maupun keluarga.

11. Segera tancap gas ke lokasi yang ramai.

Jika merasa terdapat orang yang membuntuti, segara saja pergi ke lokasi yang ramai dan berhenti sejenak ditempat tersebut agar situasi aman untuk meneruskan perjalanan. Dan apabila ada petugas kepolisian untuk meminta bantuan atau pertolongan. (dri)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Jambret Gelang Emas, Residivis Dimassa Warga Usai Beraksi
Simak! Ini 9 Tips Sehat WHO buat Lawan COVID-19
Aksi Jambret di Pangkalan Kerinci, Camat Keluarkan Imbauan dan Patroli Ditingkatkan
Terjebak Macet, Dua Jambret di Kota Pekanbaru Ditangkap Polisi
Jambret Handphone, Seorang Pelajar di Pekanbaru Babak Belur Dihajar Warga

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad