Home  / Hukrim
Kejari Pekanbaru Periksa 18 Orang Pejabat Bapenda Terkait Dugaan Upah Pungut Walikota
Kepala Bapenda, Zulhelmi Arifin Akan Dipanggil Jaksa
Sabtu, 8 Februari 2020 | 02:22:03
PEKANBARU, riaueditor.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru hingga saat ini telah memanggil sebanyak 18 orang pejabat di Bapenda Kota Pekanbaru, Riau, untuk dimintai keterangan terkait adanya dugaan upah pungut Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT senilai Rp1,3 miliar.

Hal ini dikatakan Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Pekanbaru, Yuriza Antoni.

"Iya, telah 18 orang pejabat yang diklarifikasi, dan saat ini pihaknya menunggu kedatangan Kepala Bapenda Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin untuk di klarifikasi karena ia sedang melakukan perjalanan umroh di tanah suci Mekah," ujar Yuriza, saat dikonfirmasi riaueditor.com, Jumat (07/2/2020).

Ke 18 pejabat itu, kata Yuriza adalah orang-orang yang namanya tercantum dalam data `Saving untuk Walikota` yang beredar.

"Mereka itu tercantum dalam data yang beredar," jelasnya. 

Di data yang beredar tersebut tercantum tulisan pencairan insentif (upah pungut) bagi pejabat dan staf Bapenda Kota Pekanbaru yang dilakukan Rabu (9/10/2019) dari badan pengelolaan keuangan daerah Kota Pekanbaru, dengan cara mentransfer langsung ke rekening masing-masing penerima. 

"Jumlahnya 9 miliar dan (bisa di cek pada BPKAD Kota Pekanbaru dan masing-masing ke rekening pejabat dan staf Bapenda pada Bank BNI Pekanbaru," kata Yuriza. 

Selanjutnya, Zuhelmi Arifin selaku Kepala Bapenda Pekanbaru, kemudian memerintahkan untuk menarik uang yang telah masuk ke rekening para pejabat dan staf Bapenda dengan besaran sebagaimana terlampir pada tanggal 11, 14, dan 15 Oktober 2019.

"Bisa di cek pada masing-masing rekening staf dan pejabat Bapenda) dan menyetorkan kepada para kepala bidang dan sekretaris Bapenda, yang selanjutnya diberikan kepada kepala Bapenda uang dengan total jumlah sebesar Rp 1,3 miliar lalu diserahkan kepada Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT sebelum melakukan perjalanan dinas ke Qatar," sebutnya. 

Pada data yang beredar juga disebutkan nama-nama pejabat Bapenda Kota Pekanbaru sebanyak 28 orang termasuk adik kandung Walikota dan menantu Walikota sendiri dengan perincian anggaran. (dri)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Terapkan Lockdown untuk Cegah Covid-19, Wali Kota Meksiko Ini Ditembak Mati Geng Kriminal
Pasien Corona Tembus 1 Juta, 5 Negara Catat Kasus Terbanyak
Wali Kota Solo Gunduli Rambut untuk Tolak Corona
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana Positif Corona
Satgas Gakkum Laporkan 34 Kasus JTP Karhutla

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad