Home  / Hukrim
Satu Tersangka di Dor
Dua Tersangka Rampok di Tenayan Raya dan Penadahnya Ditangkap Polisi
Sabtu, 11 Januari 2020 | 15:01:01
riaueditor
Tersangka Yanuardyn Laia saat dibawa ke RS Bhayangkara Polda Riau usai dihadiahi timah panas petugas.

PEKANBARU, riaueditor.com - Polsek Tenayan Raya berhasil meringkus tiga tersangka pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas) disebuah warung yang berada disamping SPBU Jalan H Imam Munandar Kelurahan Sialang Sakti Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau.

Tak hanya pelaku perampokan, polisi juga berhasil mengamankan satu tersangka yang berperan sebagai penadah barang hasil curian itu.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya melalui Kapolsek Tenayan Raya Kompol H M Hanafi mengatakan, ketiga pelaku yang berhasil di amankan, yakni Yanuardyn Laia alias Ardi (20), warga Jalan Sawomati RT 004 RW 007 Kelurahan Bencah Lesung Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru dan Richard Mose Tabulau alias Richard (23) warga asal Nusa Tenggara Timur.

"Sedangkan satu orang lainnya, Zuli Agus Laia alias Agus (22), warga Jalan Yos Sudarso KM 21 Kelurahan Muarasl Fajar Timur, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, berperan sebagai penadah barang hasil curian itu," ujar Hanafi, Sabtu (11/01/2019).

Penyergapan para tersangka, kata Hanafi, dilakukan dibeberapa lokasi berbeda, petugas terpaksa melakukan tindakan tegas dengan menembak kaki Yanuardyn Laia alias Ardi, karena melakukan perlawanan dan tidak mengindahkan tembakan peringatan saat dilakukan pengembangan.

Dari ketiga tersangka diamankan barang bukti, 1 unit handphone merk Vivo V15, 1 unit sepeda motor Nopol BM 5511 TU, 1 unit sepeda motor merk Honda Verza Nopol BM 6537 UP warna putih, 1 batang kayu balok dan sebungkus rokok merk Magnum Mild.

Dijelaskan Hanafi, pengungkapan pelaku pencurian dengan kekerasan terhadap korban Joni Anuar alias Jojo (31), warga Jalan Tirtonadi RT 02 RW 07 Kelurahan Sri Meranti, Kecamatan Rumbai yang terjadi pada Selasa (31/12/2019) sekitar pukul 03.00 Wib dini hari tersebut, merupakan hasil penyelidikan dan kerja keras Unit Reskrim Polsek Tenayan Raya yang dipimpin Iptu EJ Manulang dan anggotanya.

Sepuluh hari pasca peristiwa perampokan, atau pada Jumat (10/01/2020) petugas berhasil mengendus keberadaan tersangka Yanuardyn Laia sebagai otak pelaku.

"Kedua tersangka, Yanuardyn dan Richard ditangkap pada Jumat (10/01/2020) sekitar pukul 15.30 Wib di Jalan Hangtuah Ujung," jelas Hanafi.

Hasil interogasi awal, kata Hanafi, tersangka Yanuardyn mengakui melakukan perampokan dibantu Richard dan Serahato Gohai alias Serta yang saat ini berstatus daftar pencarian orang (DPO) serta barang hasil perampokan dijual kepada Zuli Agus Laia.

Berbekal dari pengakuan tersebut, petugas pun langsung melakukan penangkapan terhadap para tersangka.

Kejadian Curas ini bermula saat korban Jojo dengan menggunakan sepeda motor berhenti di halaman warung yang sudah ditutup dan gelap, kemudian bertanya kepada tiga tersangka yang sedang duduk sambil main game ludo di handphone.

Jojo kemudian diajak main game, dan ia sempat memberikan uang Rp 50 ribu kepada seorang pelaku untuk membeli minuman ringan disebuah warung yang ada di Jalan Lintas Timut.

Entah dari mana awalnya, tiba-tiba niat dan rencana Yanuardyn Laia untuk mengambil barang milik korban dan mengajak dua rekannya dengan berusaha mengambil kunci sepeda motor dari kantong celana korban, namun tidak berhasil.

Lalu saat tersangka lain mengalihkan dengan barbicara kepada korban, tiba-tiba tersangka Yanuardyn Laia memukul bagian belakang kepala korban dengan menggunakan kayu broti yang di dapat di lokasi kejadian, dan ke dada korban saat jatuh terlentang, sehingga mengakibatkan korban sempat tak sadarkan diri dan mengalami luka mengeluarkan darah dari mulutnya.

Saat korban tak sadarkan diri, para tersangka meninggalkan korban sambil mengambil handphone dan sepeda motornya.

Akibat kejadian tersebut korban mengalami kerugian materil kurang lebih Rp 16 juta dan melaporkannya ke Polsek Tenayan Raya. (dri) 


Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Polres Kampar Amankan Dua Pelaku Penyelewengan BBM Bersubsidi
Awasi Kepala Daerah, Bawaslu Riau Buka Posko Pengaduan se-Riau
Terjebak Macet, Dua Jambret di Kota Pekanbaru Ditangkap Polisi
Pak De Meregang Nyawa Ditangan Pemandu Lagu di Kedai Tuak
Dua Cewek Malam Cekcok di Warung Tuak, Pak De Tewas Kena Pecahan Botol

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad