Home  / Hukrim
Terlibat Dugaan Korupsi PLTU Riau, Melchias Mekeng Dicekal
Rabu, 11 September 2019 | 01:52:00
(CNBC Indonesia/Lidya Julita S)
Foto: Ketua Komisi XI Melchias Marcus Mekeng
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengirim surat ke Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk mencegah Ketua Fraksi Golkar DPR RI Melchias Markus Mekeng untuk berpergian ke luar negeri selama 6 bulan sejak hari ini, Selasa (10/9/2019).

"KPK melakukan pelarangan ke luar negeri terhadap seseorang bernama Melchias Markus Mekeng, Anggota DPR-RI selama 6 bulan ke depan terhitung Selasa, 10 September 2019," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, seperti dikutip dari detikcom, Selasa (10/9/2019).

Dia dilarang bepergian ke luar negeri terkait kasus dugaan suap terhadap eks Anggota DPR Eni Maulani Saragih dengan tersangka Samin Tan. Mekeng berstatus sebagai saksi dalam kasus ini.

"Yang bersangkutan dilarang ke luar negeri dalam proses penyidikan dugaan tindak pidana korupsi dengan tersangka SMT (Samin Tan) yaitu diduga memberi hadiah atau janji kepada Eni Maulani Saragih, anggota DPR-RI terkait pengurusan terminasi kontrak perjanjian karya pengusahaan pertambangan batu bara (PKP2B) PT Asmin Koalindo Tuhup di Kementerian ESDM," ucap Febri.

Mekeng juga dipanggil KPK besok. Dia dipanggil sebagai saksi untuk Samin Tan.

Mekeng sebelumnya juga pernah diperiksa KPK terkait kasus ini. Saat itu, dia mengaku ditanyai soal kasus dugaan suap pengusaha Samin Tan ke eks Eni Maulani Saragih yang juga berasal dari Fraksi Golkar.

"Soal Eni Saragih. Kasus dia sama Samin Tan, ya udah ditanyain itu saja," kata Mekeng usai diperiksa di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (8/5).

Mekeng menyatakan dirinya tak mengetahui soal aliran suap dari Samin Tan ke Eni. Dia juga menyatakan tak ada kaitan kasus ini dengan Partai Golkar.

(cnbcindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Jokowi Tunjuk Hanif Dhakiri Jadi Plt Menpora, Ini Alasannya
BMKG Deteksi 1.362 Hotspot di Sumatera, 151 di Riau
Warga Diminta Waspada Lima Penyakit Dampak Kabut Asap
Jadi Tersangka KPK, Imam Nahrawi Mengundurkan Diri sebagai Menpora
Tersandung Kasus Suap, Imam Nahrawi: Keluarga Saya Sangat Terpukul

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad