Home  / Hukrim
Dugaan Suap Noviwaldi Jusman ke Ketua KPPS, Ketua KPU Kota Pekanbaru Diperiksa Polisi 3 Jam
Jumat, 19 Juli 2019 | 10:23:14
Ilustrasi
PEKANBARU, riaueditor.com - Polresta Pekanbaru memeriksa Anton Marciyanto, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pekanbaru selama 3 jam, terkait adanya kasus dugaan suap oleh calon legislatif (caleg) oleh Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) berinisial Is.

Ketua KPPS di Kelurahan Pesisir Kota Pekanbaru itu, diduga telah menerima suap dari anggota DPRD Riau, Noviwaldi Jusman pada Pemilihan Umum (Pemilu) Pilleg dan Pilpres April 2019 lalu.

"Iya, kita telah melakukan pemeriksaan terhadap Ketua KPU Pekanbaru. Anton dimintai keterangannya terkait pengaduan ketua KPPS yang diduga sebagai penerima gratifikasi (dari NJ), ini masih dugaan ya,'' ujar Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru, AKP Awaluddin Syam kepada riaueditor. com, Kamis (18/7/2019).

Awaluddin menambahkan, sejauh ini sudah ada empat orang yang telah diperiksa sebagai saksi dan jumlah saksinya masih akan bertambah.

"Sudah beberapa saksi yang kita mintai keterangannya, dan jumlah saksinya masih akan bertambah," sebut mantan Kasat Reskrim Polres Dumai itu. 

Penyidik Satreskrim Polresta Pekanbaru akan sangat hati-hati dalam melakukan proses pendalaman dugaan suap ini, tahap demi tahap.

Anto Marciyanto dimintai keterangannya soal tugas pokok dan fungsi sebagai Ketua KPU Kota Pekanbaru, termasuk soal tupoksi dan perekrutan KPPS tersebut.

"Kita dimintai keterangan soal tupoksi KPU Kota Pekanbaru sampai dengan KPPS serta proses rekrutmen lembaga adhock itu," kata Anton Marciyanto saat dikonfirmasi Jumat (19/7/2019).

Pihaknya dari KPU, lanjut Anton, akan memberikan keterangan apapun yang dibutuhkan oleh pihak kepolisian dalam hal kasus dugaan suap oleh Noviwaldi Jusman yang dilakukan terhadap KPPS tersebut.

"Kita serahkan semua prosesnya kepada pihak kepolisian saja. Kita paling memberi keterangan jika di diminta dan kita siap," ujarnya. (dri) 




Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Dinilai Janggal, Ketua KKP Kembali Dilaporkan ke Polda Riau
Raja Sapta Oktohari Terpilih Jadi Ketua KOI
Daftar Harta Kekayaan Ketua MPR, DPR dan DPD
Calon Pimpinan MPR RI Bermunculan: HNW Sampai Arsul Sani
La Nyalla Terpilih Sebagai Ketua DPD RI 2019-2024

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad