Home  / Hukrim
Gerak Cepat, KPK Temukan Aset Tersangka BLBI Sjamsul Nursalim
Kamis, 13 Juni 2019 | 06:16:27
Foto: Infografis/Sjamsul Nursalim Tersangka BLBI/Edward Ricardo
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ternyata sudah menemukan sejumlah aset milik Sjamsul Nursalim dan istri Itjih Nursalim, tersangka dugaan korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Pelacakan aset ini dilakukan terkait upaya pengembalian kerugian keuangan negara.

"Kami sudah menemukan aset-aset yang diduga milik atau terafiliasi dengan tersangka. Tapi secara lebih rinci tentu kami belum bisa menyampaikan karena proses penyidikan tersebut masih berjalan," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, seperti dikutip dari detikcom, Rabu (12/6/2019).

Sjamsul Nursalim saat ini diduga berada di Singapura. KPK mengoptimalkan kerja sama internasional untuk melacak Sjamsul Nursalim. 

Sjamsul Nursalim dan Itjih Nursalim ditetapkan sebagai tersangka kasus dana BLBI. Sjamsul diduga merugikan keuangan negara sebesar Rp 4,58 triliun terkait kewajiban yang tidak dibayarkan Sjamsul dalam pengambilalihan pengelolaan Bank Dagang Negara Indonesia (BDNI) oleh BPPN.

Ketua KPK Agus Rahardjo sebelumnya mengatakan KPK akan meminta bantuan Interpol untuk mencari tersangka Sjamsul Nursalim dan istrinya, Itjih Nursalim, di Singapura. Agus mengatakan Sjamsul Nursalim kini dibutuhkan kehadirannya untuk proses penyidikan. Namun KPK siap dengan opsi peradilan in absentia.

"Kita kan punya banyak teman di luar. Salah satunya dengan Interpol, kemudian dengan CPIB (Corrupt Practices Investigation Bureau) dengan teman-teman dari lembaga lain di luar lah mudah-mudahan ya," kata Ketua KPK Agus Rahardjo di gedung DPR, Jakarta, Rabu (12/6).

(cnbcindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
KPK Akan Segera Umumkan Tersangka Baru Kasus Korupsi e-KTP, Ini Identitasnya
Ini Sikap Demokrat Riau Terhadap Kader yang Terlibat Hukum
Rugikan Negara Rp4,5 Triliun, KPK Minta Sjamsul Nursalim Berani Hadapi Proses Hukum
Jadi Tersangka, Lima Komisioner KPU Palembang Siap Ikuti Proses Hukum
Usai Jadi Tersangka Mega Korupsi BLBI, KPK Mulai Kejar Aset Sjamsul Nursalim

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad