Home  / Features
Korban Selamat Pesawat Pakistan Jatuh, Cerita Detik-Detik Mengerikan
Sabtu, 23 Mei 2020 | 21:14:23
(AP/Fareed Khan)
Foto: Kecelakaan Pakistan International Airlines
JAKARTA - Dua orang berhasil selamat dari kecelakaan pesawat yang terjadi di Pakistan Jumat sore waktu setempat (22/5). Meski kecelakaan itu menewaskan 97 orang. Pesawat Pakistan International Airlines (PIA) jatuh di antara rumah setelah terjadi kegagalan mesin pada kedua mesin pesawat saat mendekati bandara Karachi, ungkap maskapai PIA seperti dikutip AFP, Sabtu (23/5)

Saat melakukan pendaratan darurat, sayap pesawat mengiris atap, lalu kemudian menimbulkan kobaran api dan gumpalan asap ke udara saat menabrak jalan. Kejadian ini kemudian memicu operasi penyelamatan yang berlangsung hingga malam hari.

Informasi saat kecelakaan terjadi kemudian diperoleh dari salah seorang penumpang yang berhasil selamat dari malapetaka tersebut. Ia berhasil melompat dari puing-puing pesawat yang terbakar setelah meluncur ke lingkungan perumahan.

"Setelah pesawat menabrak dan saya sadar kembali, saya melihat api di mana-mana dan tidak ada yang terlihat," ungkap Mohammad Zubair, 24, dari ranjang rumah sakit dalam sebuah klip video yang beredar di media sosial.

"Ada tangisan anak-anak, orang dewasa dan orangtua. Tangisan itu ada di mana-mana dan semua orang berusaha untuk bertahan hidup. Saya kemudian membuka kancing sabuk pengaman dan melihat cahaya dan mencoba berjalan ke arah itu. Lalu melompat keluar," lanjut Zubair.

Zubair menderita luka bakar tetapi dalam kondisi stabil, kata seorang pejabat kementerian kesehatan. Seorang penumpang lainnya yang ditemukan selamat adalah Presiden Bank of Punjab, Zafar Masud.

Kementerian kesehatan untuk provinsi Sindh, di kota pelabuhan selatan Karachi berada, mengkonfirmasi bahwa terdapat 97 mayat yang ditemukan dari lokasi kecelakaan pesawat berada. Setidaknya 19 telah diidentifikasi sejauh ini, sementara tes DNA sedang dilakukan di Universitas Karachi untuk membantu mengenali para korban. Terkait hal tersebut, rumah sakit setempat sebelumnya melaporkan telah menemukan mayat penumpang yang meninggal di jalan.

Bencana itu terjadi ketika rakyat Pakistan bersiap untuk merayakan akhir bulan puasa Ramadhan dan awal Idul Fitri, dengan banyak bepergian ke rumah mereka di kota dan desa. Sebagai tambahan, penerbangan komersial di negara itu baru saja kembali beroperasi beberapa hari lalu jelang liburan Muslim Idul Fitri setelah regulasi lockdown & dilarang terbang karena pandemi coronavirus.

Panggilan Darurat & Keterangan Maskapai

Seorang juru bicara PIA mengatakan kontrol lalu lintas udara kehilangan kontak dengan pesawat yang melakukan perjalanan dari Lahore ke Karachi tepat setelah 14:30 (0930 GMT).

Pilot membuat panggilan darurat setelah mengumumkan "kami telah mengalami kerusakan mesin", menurut rekaman audio yang dikonfirmasi oleh maskapai.

Kepala eksekutif PIA Arshad Mahmood Malik kemudian menggambarkan Airbus A320 sebagai salah satu pesawat teraman. "Secara teknis, secara operasional semuanya sudah ada," katanya, menjanjikan penyelidikan.

Menteri Penerbangan Ghulam Sarwar Khan mengatakan kapten, Sajjad Gull, telah diakui oleh maskapai sebagai pilot senior A320 dengan pengalaman penerbangan yang luas.

Pesawat pertama kali memasuki layanan pada tahun 2004 dan diakuisisi oleh PIA satu dekade kemudian dan telah mencatat sekitar 47.100 jam penerbangan, kata Airbus dalam sebuah pernyataan.

Saksi Mata

Warga setempat adalah orang pertama yang menyaring puing-puing hangus dan terpuntir berserakan untuk mencari korban selamat, dengan saksi melaporkan tangisan seorang pria tergantung dari pintu keluar darurat pesawat.

Sarfraz Ahmed, seorang petugas pemadam kebakaran di lokasi kecelakaan, mengatakan bahwa penyelamat telah menarik mayat-mayat dari pesawat yang masih mengenakan sabuk pengaman.

Warga di dekat tempat kejadian menceritakan bagaimana dinding rumah mereka bergetar sebelum ledakan besar meletus ketika pesawat menabrak lingkungan itu.

"Saya datang dari masjid ketika saya melihat pesawat miring di satu sisi. Itu sangat rendah sehingga dinding rumah saya gemetar," kata Hassan, 14 tahun.

Penduduk lain, Mudassar Ali, mengatakan dia "mendengar ledakan besar dan bangun untuk orang-orang yang menyerukan pemadam kebakaran".

Citra Penerbangan di Pakistan

Perdana Menteri Pakistan Imran Khan mengatakan dia "terkejut dan sedih" oleh kecelakaan itu, ia pun mengatakan via twitter bahwa ia sudah melakukan komunikasi dengan kepala eksekutif maskapai penerbangan milik negara.

"Doa & belasungkawa ditujukan kepada keluarga orang yang meninggal," tulisnya di Twitter.

Militer Pakistan mengatakan pasukan keamanan dikerahkan ke daerah itu dan helikopter digunakan untuk mensurvei kerusakan.

Pakistan memiliki catatan keselamatan penerbangan militer dan sipil yang kurang baik, dengan seringnya terjadi kecelakaan pesawat dan helikopter selama bertahun-tahun.

Pada 2016, sebuah pesawat PIA terbakar setelah salah satu dari dua mesin turbopropnya gagal saat terbang ke Islamabad, menewaskan lebih dari 40 orang.

Bencana udara paling mematikan di tanah Pakistan adalah pada 2010 ketika sebuah Airbus A321 yang dioperasikan oleh maskapai swasta Airblue dan terbang dari Karachi menabrak bukit-bukit di luar Islamabad ketika pesawat itu mendarat, menewaskan seluruh penumpang (152 orang) yang berada di dalamnya.

Sebuah laporan resmi kemudian menyalahkan kecelakaan itu terjadi karena seorang kapten yang bingung dan suasana kokpit yang terdengar tidak bersahabat.

PIA, maskapai penerbangan terkemuka hingga tahun 1970-an, telah mengalami penurunan reputasi karena pembatalan yang sering terjadi, keterlambatan dan masalah keuangan.

Ini telah terlibat dalam berbagai kontroversi selama bertahun-tahun, termasuk memenjarakan seorang pilot mabuk di Inggris pada tahun 2013.

(CNBCIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Pesawat Garuda Keluar Landasan di Bandara Hasanuddin Makassar
Bursa Efek Pakistan Diserang, Kelompok Separatis Balochistan Bertanggung Jawab
Breaking: Terjadi Penembakan di Bursa Efek Pakistan, 4 Tewas
IMF Prediksi Ekonomi RI Jatuh ke Level Terendah Sejak 1998
WN Nigeria Jatuh dari Lantai 9 Apartemen Usai Hindari Razia

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter