Home  / Features
Studi: Orang yang Tidur Siang Lebih Produktif
Jumat, 13 Maret 2020 | 10:32:02
(Foto: Pixabay/Ashleyamos)
Ilustrasi: Tidur siang bukan saja menyimpan manfaat bagi kesehatan, melainkan juga berkaitan dengan tingkat produktivitas seseorang.
JAKARTA - Tidur siang bukan berarti malas-malasan. Studi menunjukkan tidur siang erat kaitannya dengan tingkat produktivitas. Bukan hanya itu, studi lain sebelumnya telah mengungkap tidur siang menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya, menurunkan tekanan darah.

Sementara studi dari Mattress Nerd yang baru saja dipublikasikan oleh OnePoll menganalisis preferensi tidur siang dan sifat kepribadian 2.000 orang Amerika. Hasilnya, orang yang tidur siang ternyata lebih produktif dibandingkan mereka yang tidak tidur siang.

"Tidur siang bukan lagi tanda kemalasan, tapi itu alat lain yang bisa kita gunakan untuk membuat kita lebih produktif dalam hidup," kata juru bicara Mattress Nerd, dikutip dari Metro.co.uk.

Bukan hanya produktivitas, tidur siang juga meningkatkan kebahagiaan dan rasa percaya diri. Sebanyak 90 persen orang yang tidur siang menyatakan diri lebih bahagia. Sementara yang tidak tidur siang, hanya 79 persen yang merasa bahagia. Sementara orang yang tidur siang, 89 persen di antaranya merasa lebih percaya diri. Adapun mereka yang tidak tidur siang, hanya 79 persen di antaranya.

Ada beberapa kemungkinan alasan mengapa tidur siang membuat orang lebih produktif. Di antaranya, tidur siang dapat menurunkan stres sehingga membuat orang lebih semangat untuk bekerja setelah tertidur di siang hari.

"Di tempat kerja, tidur siang membantu kita tetap lebih fokus, menjadi lebih produktif, mengurangi sakit, dan mengarah ke tenaga kerja yang lebih tenang dan puas," kata pakar tidur James Wilson.

Terapis Christabel Majendie juga mengatakan tidur meningkatkan fokus sehingga meningkatkan produktivitas.

"Jika Anda merasa mengantuk, tidur siang singkat di tempat kerja bisa bermanfaat karena akan meningkatkan kewaspadaan yang bakal berdampak pada kinerja dan memori Anda," terang Majendie.

Orang yang menyempatkan diri untuk tidur siang juga disebut lebih berambisi untuk mengejar karir. Namun, Mattress Nerd menyebut studi ini bukanlah studi ilmiah, sehingga dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui hubungan spesifik tidur siang dengan kesuksesan.

Dari sisi kesehatan, tidur siang dapat menurunkan tekanan darah. Dengan begitu orang mampu berpikir lebih tenang.

Dikutip dari The Ladders, studi lain menunjukkan tidur 10-20 menit di siang hari dapat meningkatkan produktivitas dan juga kreativitas.

Jadi, tak ada salahnya untuk rehat sejenak di sela-sela pekerjaan yang padat untuk dapat meningkatkan konsentrasi dan produktivitas saat bekerja.

(CNNIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Studi: Anak yang Gemar Tidur Larut Malam Berisiko Obesitas
Kemendagri Minta Penggunaan Dana Desa Diarahkan pada Sektor Produktif
Politikus Gerindra Nizar Zahro Disebut Wafat saat Tidur
Syahrul Aidi Minta Kades Petakan Tanah Tidur di Desanya
Miliki Kamar Tidur Ada Kamar Mandinya, Begini Idealnya

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad