Pelantikan JMSI Riau
Home  / Ekbis
Harga Kedelai Meroket, Pengusaha Tempe Terancam Bangkrut
Kamis, 7 Januari 2021 | 11:45:02
(Foto: Koran Sindo)
Harga Kedelai Meroket
JAKARTA - Para pengusaha tempe di Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara terpaksa merumahkan karyawannya akibat melambungnya harga kedelai secara signifikan dalam 3 bulan terakhir. Mereka tidak sanggup menanggung biaya produksi dan berada di ambang kebangkrutan.

Salah satu pengusaha tempe yang terdampak akibat kenaikan kedelai adalah Muhammad Khaidir, warga Jalan Ikhlas, Kelurahan Bagelen, Kecamatan Padang Hilir, Kota Tebing Tinggi. Kenaikan bahan baku kedelai sangat berdampak pada produksi tempe milik Muhammad Khaidir ini.

Jika biasanya ia mampu berproduksi hingga seratus kilo perhari. Kini kian hari kian menurun, dari seratus kilo per hari turun tujuh puluh lima kilo, turun kelima puluh kilo, dan puncaknya di awal januari ini. Kini tinggal dua puluh lima kilogram per hari. Akibatnya selain harus merumahkan karyawan usahanyanya pun diambang kehancuran.

Muhammad Khaidir mengaku, sebelumnya harga kedelai perkilo diperoleh tujuh ribu perkilonya. Namun, saat ini sudah mencapai sembilan ribu rupiah. Harga tersebut bisa makin naik bila kedelai diperoleh dari perantara.

"Untuk mempertahankan usahanya, saya mengurangi besarnya ukuran tempe dan harganya tetap seperti harga lama," katanya, Kamis (7/1/2021).

Selain harga kedelai yang melambung, usaha tempe di Kota Tebing Tinggi terancam gulung tikar. Hal itu diakibatkan dari para pengusaha tempe di Kota Tebing Tinggi tidak memiliki kekompakan pada besaran tempe dan harga tempe.

Kini para pengusaha tempe di Kota Tebing Tinggi berharap agar pemerintah dapat menekan harga kedelai. Bila tidak, para pengusaha tempe di Kota Tebing Tinggi akan banyak yang gulung tikar.

Selain itu, pemerintah juga harus membuat harga dan ukuran yang sama pada pengusaha tempe agar pengusaha yang kecil bisa bersaing dengan para pengusaha yang lebih banyak modalnya.

(sumber: okezone.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Kapolsek Tanah Putih Terima Penghargaan dari Kapolres Rohil
Prajurit Satgas Yonif MR 413 Bremoro Terima Penghargaan Dari Kapolresta Jayapura Kota
Siber Riau Award Beri Penghargaan kepada Kajati Riau Dr Mia Amiati SH MH
Aksi Mogok Pengrajin Tahu-Tempe se-Jabodetabek Berakhir Minggu 3 Januari 2021
Wagubri Beri Penghargaan Kepada 12 Tokoh dan Pejuang Daerah Riau Tahun 2020

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter