Home  / Ekbis
Viral Tagihan Listrik Rp19 Juta, Ternyata Aslinya Cuma Segini
Selasa, 11 Agustus 2020 | 14:16:18
Foto: Infografis/Tarif Listrik Non Subsidi Tidak Naik/Edward Ricardo
JAKARTA - Beberapa waktu lalu media sosial diramaikan dengan adanya keluhan tagihan listrik pelanggan berdaya 900 Volt Ampere (VA) mencapai Rp 19 juta. Nyatanya, setelah dicek lebih lanjut tagihan riil pelanggan tersebut hanya sekitar Rp 1 juta. Ini berarti tagihan yang dikeluarkan PLN mencapai sekitar 19 kali lipat dari tagihan aktual pelanggan tersebut.

Hendra Iswahyudi, Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, mengatakan PT PLN (Persero) selaku operator listrik dan juga pelanggan tersebut sudah bertemu dan menjernihkan masalah.

Dari pertemuan tersebut menurutnya sudah diperoleh solusi yang telah disepakati bersama.

"Jadi masalah tagihan Rp 19 juta itu sudah diclearkan, sehingga pelanggan hanya membayar kurang tagihnya Rp 1.050.504 dengan dicicil empat kali di mana per bulannya Rp 262.626," jelasnya dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Selasa (11/08/2020).

Dia mengatakan, pemerintah turut mengawasi sejumlah keluhan yang disampaikan masyarakat dan akan terus berusaha menemukan solusi bersama.

Rida Mulyana, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, berharap ke depannya tidak ada lagi masalah serupa dan PLN mampu mengkomunikasikan dengan lebih baik kepada para pelanggan.

"Kami minta hal serupa tidak terjadi lagi," ungkapnya.

Dia mengakui adanya sejumlah keluhan ini tak lain karena saat masa pandemi Covid-19, tidak dilakukan pencatatan manual oleh para petugas pencatatan meter yang biasa dilakukan seperti kondisi normal sebelum Covid-19 mewabah. Tagihan listrik hanya berasal dari rata-rata pemakaian tiga bulan sebelumnya.

"Kita lihat kurang pemberitahuan ke pelanggannya, sehingga ini jadi bentuk kekecewaan masyarakat. Kita ambil hikmahnya. Kami berharap hal seperti ini tidak terjadi lagi ke depannya," tuturnya.

(CNBCIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Raup Rp1,55 T, Ronaldo Jadi Pesepak Bola Termahal Dunia
Tanaman Hias Termahal Rekor di Selandia Baru, Harga Rp77 Juta
Stimulus Listrik September Cair, Begini Cara Mendapatkannya!
Tarif Listrik Turun Berlaku 3 Bulan dan Tanpa Syarat
Pemborong Mangga Tewas Tersengat Listrik Tegangan Tinggi

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter