Home  / Ekbis
Bikin NPWP Bisa Lewat Bank BUMN Mulai 17 Agustus
Selasa, 4 Agustus 2020 | 15:39:14
(Foto: ilustrasi/Sindonews)
Kartu NPWP.
JAKARTA - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) resmi menggandeng empat bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) untuk pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Empat bank tersebut yaitu BRI, Bank Mandiri, BNI, dan BTN.

Kerja sama tersebut dilakukan dengan mengintegrasikan layanan aplikasi validasi dan pendaftaran NPWP antara DJP dan empat bank BUMN. Lewat kerja sama itu, calon nasabah bisa sambil membuat NPWP. Layanan berlaku mulai 17 Agustus.

"Dalam kondisi pandemi Covid-19, aplikasi pendaftaran dan validasi NPWP melalui bank ini diharapkan dapat mempermudah pelaku UMKM mengakses dan mendapatkan fasilitas bantuan subsidi bunga/margin yang diberikan pemerintah," kata Juru Bicara DJP, Hestu Yoga Saksama, Selasa (4/8/2020).

Hestu mengimbau wajib pajak (WP) termasuk pelaku UMKM untuk segera memanfaatkan berbagai stimulus pajak yang disediakan pemerintah.

Selain NPWP, kata Hestu, sistem validasi ini juga dapat menunjukkan riwayat kepatuhan pelaporan surat pemberitahuan (SPT) pajak penghasilan yang dapat digunakan bank dalam proses evaluasi risiko kredit.

Selain itu, menurut Hestu, integrasi layanan ini juga akan menguntungkan perbankan. Fitur validasi NPWP akan meningkatkan kualitas prosedur Know Your Customer (KYC) karena bank bisa mengetahui profil calon nasabah secara langsung ke sistem DJP.

(iNews.id)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Tito Sebut Ada Pengusaha di Balik Rp252 T Pemda di Bank
Datangi Bank BRI, Polsek Kerumutan Pasang Banner Wajib Pakai Masker
Tidak Perlu ke Pekanbaru, Warga Siak Sudah Bisa Swab di RSUD Tualang
Fadjroel Unggah Gambar Giant `Enggak Bisa Kerja Maunya Ribut`
Catat! NPWP dan NIK di KTP akan Digabung Nih

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter