Home  / Ekbis
Tok! Sri Mulyani Resmi Tempatkan Dana Rp 11,5 T di 5 BPD
Senin, 27 Juli 2020 | 18:37:33
(Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu RI)
Foto: Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan keterangan pers Gaji ke-13
JAKARTA - Pemerintah pusat secara resmi telah menyiapkan dana Rp 11,5 triliun kepada lima Bank Pembangunan Daerah (BPD). Adapun lima BPD tersebut yakni Bank DKI Jakarta, Bank Jawa Jawa Tengah, Bank Jabar dan Banten, dan Bank Jawa Timur dan Bank Sulawesi Utara dan Gorontalo.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, penempatan dana di BPD ini merupakan kelanjutan pemerintah pusat setelah sebelumnya telah menempatkan dana pada 4 Bank Himbara (BNI, Mandiri, BRI, dan BTN) sebesar Rp 30 triliun, sesuai dengan PMK 70 Tahun 2020.

"Untuk Bank Jabar Rp 2,5 triliun, Bank DKI penempatan dana Rp 2 triliun, Bank Jawa Tengah Rp 2 triliun, Bank Jawa Timur Rp 2 triliun, Bank Sulawesi Utara dan Gorontalo Rp 1 triliun. Kita telah menyiapkan Rp 20 T untuk ditempatkan di BPD," jelas Sri Mulyani dalam sambutannya, Senin (27/7/2020).

Kemudian ada pula dua BPD yang masih dikaji untuk penempatan dananya yakni BPD Bali dan BPD Yogyakarta, untuk bisa ditempatkan dana masing-masing Rp 1 triliun. Jadi total ada tujuh BPD.

"Rp 11,5 triliun siap kami salurkan, untuk mendorong ekonomi daerah. Tidak ada persyaratan apa-apa, kecuali untuk menyalurkan ke sektor produktif, leverage dua kali [...] dengan suku bunga lebih kecil dari yang selama ini mereka pinjamkan," ujar Sri Mulyani.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, penempatan dana di BPD menurut Luhut merupakan wujud komitmen pemerintah pusat untuk mendorong pemulihan kondisi ekonomi yang terdampak covid-19.

"Penempatan BPD diharapkan, penyaluran BPD bisa lebih banyak [ke masyarakat] dan mempercepat pemulihan di daerah," ujar Luhut.

(CNBCIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Sambut HUT RI Ke-75, Prajurit Yonif 125/SMB Bersama Warga Hiasi Kampung Toray Dengan Bendera Merah Putih dan Umbul-Umbul
Babinsa Koramil 05/Kampar Kiri Bersama Masyarakat Lakukan Patroli Karhutla
5 Jenis Garam dan Beda Penggunaannya
Jalin Silaturahmi, Babinsa Koramil 05/Kampar Kiri Gelar Komsos Bersama Perangkat Desa Mayang Pongkai
Ini Lima Negara Dengan Investasi Terbesar di Riau

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter