Home  / Ekbis
Dampak Covid-19
Parah dari 1998, Satu Per Satu Maskapai RI Terancam Bangkrut
Senin, 6 Juli 2020 | 20:15:49
Ist.
Foto: Maskapai Penerbangan Lion Air.
JAKARTA - Dampak pandemi Covid-19 begitu terasa di sektor transportasi, terutama di bisnis penerbangan. Hantaman yang dirasakan bahkan berpotensi lebih parah dibandingkan krisis 1998.

"Untuk Indonesia ini berpotensi lebih buruk daripada krisis moneter 1998 dimana kita lihat industri ini ambruk," kata pengamat penerbangan Gerry Soejatman kepada CNBC Indonesia, Senin (6/7/20).

Dia menilai, skenario terburuk bagi bisnis penerbangan memang ada kekhawatiran satu per satu maskapai mengalami kebangkrutan. Hal ini ditandai dengan berbagai langkah efisiensi demi menyelamatkan bisnis maskapai dari ancaman tersebut.

"Jadi banyak langkah yang sudah dilakukan cuman kembali lagi ini adalah krisis yang paling buruk yang mereka pernah hadapi mungkin dalam 50 tahun terakhir," katanya.

Gerry menyebut, ketika periode awal pandemi terjadi di Indonesia saja, permintaan sudah anjlok ke angka 30% kapasitas penumpang. Kini, maskapai rata-rata masih menerbangkan 10-20% pesawatnya.

"Sekarang kita dalam dalam kondisi hanya menerbangkan 10-20% dari kondisi normal dari sisi pesawat, juga jauh di bawahnya. Dengan seperti itu, ini kembali lagi kita butuh, tetapi pemerintah pun juga sekarang terjebak antara mitigasi persepsi publik dan juga mitigasi non ilmiah," urainya.

"Tidak semua maskapai terbuka jadi kita tidak bisa melihat bagaimana kondisi keuangannya. Jadi worst case ya kembali seperti tahun 1998, satu per satu bangkrut. Ini banyak di industri ini kalau mikir jangka panjang mereka sangat khawatir," lanjutnya.

(CNBCIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Maskapai Penerbangan RI Bersiap PHK Pekerja, Tunggu Juli 2020
Efek Corona, Maskapai Tertua Kedua Dunia Ajukan Pailit
Garuda Cs Merana, 8 Maskapai Global Ini Lebih Nahas Nasibnya
Mudik Dilarang, Uang Maskapai Rp 11 Triliun Ikut Hilang
Dua Maskapai Penerbangan RI Setop Operasi, Termasuk AirAsia

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter