Home  / Ekbis
Tsunami PHK Pabrik Sepatu Terjadi Lagi di RI
Rabu, 27 Mei 2020 | 06:48:43
Foto: REUTERS/Ann Wang
JAKARTA - Di tengah masa pandemi virus corona, pekerja dari pabrik sepatu kembali jadi korban. Teranyar, PT Victory Chingluh di Pasar Kemis Kabupaten Tangerang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) massal dalam jumlah besar, yakni sebanyak hampir 5.000 pegawai.

Produsen sepatu dengan buyer merek terkenal seperti Nike ini sempat dikabarkan melakukan PHK massal akibat kondisi pandemi Covid-19. Namun ternyata, ada dua faktor yang menjadi penyebab terjadinya PHK tersebut.

Faktor utama atau jangka panjang adalah rencana relokasi pabrik ke daerah lain. Ini terkait rencana jangka panjang perusahaan.

"Iya akan pindah juga, akan pindah. Tapi tentu perencanaan jangka panjang. Prinsipnya mereka akan pindah juga," sebut Ketua Umum Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Eddy Widjanarko kepada CNBC Indonesia, Selasa (26/5/2020).

Eddy menyebut kebijakan diambil melalui pertimbangan yang matang. Yakni memperhitungkan pola distribusi, ongkos kirim hingga biaya pegawai.

Mengenai waktu pindah, Eddy menjelaskan saat ini perusahaan dari anggotanya masih mengukur waktu yang tepat. Namun bayangan waktu dan lokasi yang akan ditempati sudah ada.

"Tahun depan mungkin," katanya.

Sementara faktor kedua adalah menurunnya pendapatan akibat masa pandemik Covid-19. Meski beberapa kontrak proyeknya bersama brand kenamaan dunia masih jalan, kontrak dengan brand lainnya harus kandas di tengah jalan.

"Di luar merek besar seperti Nike dan Adidas, yakni dengan PO (Pre Order) lain, ada 47% dibatalkan PO-nya," kata Eddy.

Pembatalan itu sangat berdampak signifikan terhadap cashflow perusahaan yang sudah cukup terganggu akibat masa pandemi. Impaknya, PT Victory Chingluh Indonesia tercatat melakukan PHK terhadap 4.985 karyawannya, berdasarkan laporan mereka ke Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang sebagaimana dikutip dari detik.com.

(CNBCIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
LIPI Respons Riset ITB soal Potensi Tsunami 20 Meter di Jawa
PHK Massal Pabrik Sepatu, Puluhan Pabrik Setop Produksi
Skema Kredit Bunga 0 Persen buat Korban PHK-Ibu Rumah Tangga
Awan Arcus di Aceh Disebut Bisa Bertahan Hingga 6 Jam
Kepanikan Warga Saksikan Awan Bak Tsunami di Langit Aceh

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter