Home  / Ekbis
Pengusaha Mulai Resah, Corona Dorong PHK Pekerja
Jumat, 20 Maret 2020 | 20:57:11
(CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
Foto: Ilustrasi Gedung Perkantoran di Jakarta
JAKARTA - Ketua Bidang Ketenagakerjaan, Vokasi dan Kesehatan BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sari Pramono meminta pemerintah untuk lebih sigap dalam menanggapi wabah virus corona (COVID-19). Jika tidak, dia tidak tanggung-tanggung menyebut ada kemungkinan para pengusaha untuk gulung tikar. Beberapa sektor saat ini sudah mulai kesulitan.

"Teman-teman di sektor hotel mungkin sudah ada yang merumahkan juga. Bahkan saya dengar juga ada sebagian yang sudah di PHK. Kalau EO (event organizer) saya juga dengar kesulitan dengan cost-cost, di EO gaji (pekerja) lumayan, event di-cancel," sebut Sari dalam HIPMI Policy Discussion Pengusaha vs Corona di Jakarta, Jumat (20/3).

"Di sini ketika Pemerintah ingin ada lapangan kerja, tapi di sisi lain sulit. Di bidang restoran mungkin mereka buka, kalau mereka tutup bener-bener gimana karyawan mau dikasih makan? Kalau restoran tutup, Gojek gimana mau ambil makanan," lanjutnya.

Kondisi saat ini memang menyulitkan, Sari menyebut pengusaha mau bekerjasama dengan pemerintah untuk meminimalisir dampak penurunan ekonomi yang terjadi. Namun, kepastian regulasi juga harus jelas. Diantaranya dalam izin impor.

"Misal kita mau ambil barang dari luar, kita bingung juga izinnya gimana ya? Datangnya takut (disebut) ilegal. Kemarin saya tanya polisi, Bapak lagi sibuk apa sekarang. Kita lagi sibuk (urus) masker ilegal. Kita kan jadi ngeri juga pengusaha, jadi harus ada satu kata dari pemerintah dari pemerintah, kalau memang dipermudah izin-izin tadi seperti apa?" katanya.

Kepastian-kepastian tersebut yang menurutnya harus cepat dibuat, jika tidak maka dampak dominonya bisa semakin besar. Diantaranya mau tidak mau harus melakukan PHK.

"Kita nggak bisa lama-lama, kalo nggak pengusaha sudah pasti gulung tikar karena kita nggak tau kepastian sampai kapan," sebut Sari.

(CNBCIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Wander Luiz Positif Corona, Tukang Cukur Rambut Ikut Panik
Satgas Yonif 411 Kostrad Bersama Lintas Sektoral Sota Gencarkan Sosialisasi Pencegahan Covid-19 di Perbatasan
Sempat Sesak Nafas, PDP Corona di Ketapang Meninggal Dunia
Bukan RI, WHO Pilih Malaysia buat Uji Coba Obat Corona
Earth Hour 2020, Matikan Lampu Saat Diam di Rumah di Tengah Pandemi Corona COVID-19

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad