Home  / Ekbis
Pasar Panik! Harga Bawang Terbang, Importir Simpan Stok
Senin, 17 Februari 2020 | 17:53:39
(CNBC Indonesia/Tri Susilo)
Foto: Gegara Virus Corona, Bawang Putih Meroket Naik.
JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo buka suara soal lonjakan harga bawang putih impor saat bersamaan bawah virus corona di China sebagai pemasok bawang putih utama. Ia menganggap para importir masih menyimpan 120 ribu ton.

"Pertama, ini adalah ada ketakutan publik, karena takut corona (China), maka tidak akan ada lagi bawang putih," kata Limpo di gedung DPR, Senin (17/2).

Selain itu, menurut Limpo, pihak industri pengguna bahan baku bawang putih memborong stok karena takut kehilangan bawang putih, kemudian membeli lebih cepat. Selebihnya ada faktor importir yang menahan stok.

"Data pada kami 120 ribu ton masih ada di tangan importir dan akan panen Maret-April 30 ribu ton. Penggunaan per bulan 47.000 lebih, sampai 3 bulan ke depan menurut kita," katanya.

Limpo mengatakan dari kondisi tersebut, Kementerian Pertanian (Kementan) mengeluarkan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) bawang putih. Tahun ini diperkirakan 300-400 ribu ton,

"Mau nggak mau kita harus impor, dan ini ada kepanikan, yang kita lakukan tanpa upaya agar impor bisa dikurangi dan ketergantungan bisa dihilangkan," katanya.

Menurut data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, harga rata-rata bawang putih ukuran sedang di pasar tradisional di seluruh provinsi pada hari ini, Senin (17/2/2020) berada di Rp 51.700/kg, naik 41,6% jika dibandingkan pada 21 Januari lalu.

(cnbcindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Jaga Stabilitas Harga, Babinsa Koramil 04/PKL Kuras Bersama Muspika Cek Harga Sembako
Sempat Hilang, Ada Lagi Masker Harga Selangit di e-Commerce
Wabah Corona, AirAsia Indonesia Setop Terbang Mulai 1 April
Virus Corona, Kemendag Hapus Izin Impor Bawang Putih
Corona & Dolar Picu Masalah Baru: Lonjakan Harga Pangan!

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad