Home  / Ekbis
Tak Dapat Subsidi, Harga LPG 3 KG Bisa Naik Jadi Rp 35 Ribu
Selasa, 14 Januari 2020 | 14:29:32
Foto: CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto
JAKARTA - Pemerintah berencana tak lagi memberikan subsidi untuk LPG tabung melon mulai semester dua tahun ini. Subsidi akan diberikan langsung ke warga yang berhak, dan harga LPG tabung 3 kilogram akan menjadi harga pasar. 

Lantas berapa harga LPG 3 kilogram tanpa subsidi nantinya?

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan akan sama dengan harga pasar seperti LPG 12 kilogram. "Samalah dengan LPG 12 kilogram bagi 3 atau 4 nanti kita lihat," ujar Djoko saat ditemui di kantornya, Selasa (14/1/2019).

Hitungannya, jika harga tabung LPG 12 kilogram mencapai Rp 139 ribu maka per kilogramnya gas mencapai Rp 11.583. Dengan angka tersebut, harga tabung LPG 3 kilogram bisa mencapai Rp 35 ribu. Ini naik signifikan ketimbang harga saat ini yang berkisar di Rp 18.000 sampai Rp 21.000.

Saat LPG 3 kilogram menjadi harga pasar, maka subsidi akan diberikan langsung ke warganya.

"LPG ini tantangan kita di 2020, secara prinsip sektor terkait setuju LPG 3 kilogram secara tertutup hanya untuk masyarakat yang berhak. Ini persiapan subsidi langsung pada masyarakat, mudah-mudahan tahun ini pertengahan tahun bisa diterapkan," kata Djoko, di kantornya, Selasa (14/01/2020). 

Menurut Djoko, saat ini mereka tengah mendata warga miskin dan skema subsidi yang akan diberikan. "Kita sudah punya data, mau pakai kriteria miskin yang mana nih. Kita juga punya data konversi sejak awal lalu kita bandingkan, apakah mereka masih berhak," jelasnya. 

Skema yang dipertimbangkan beragam, bisa pakai QR Code sehingga saat membeli sejumlah 3 tabung nanti subsidi Rp 100.000 akan langsung ditransfer ke rekening penerima subsidi. Sedang dihitung berapa rata-rata kebutuhan para warga yang berhak terima subsidi dalam sebulan.

(cnbcindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
WN Prancis Cabuli Ratusan Anak Bunuh Diri di Rutan Polda
342 PNS Hasil CPNS 2018 Bakal Dilantik Minggu Ini
Grebek Bandar Narkoba di Pekanbaru, Polisi Amankan 5 Kg Lebih Sabu, Pil Ekstasi, Ganja dan Senjata Api Jenis Pen Gun
WN Prancis Cabuli Ratusan Anak Diancam Hukuman Mati
Iming-imingi Jadi Model, WN Perancis Cabuli 305 Anak-anak

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter