Home  / Ekbis
Ekonomi RI Loyo, Kredit Ditaksir Cuma Tumbuh 8 persen
Senin, 9 Desember 2019 | 18:13:41
Foto: CNBC Indonesia/Muhammad Sabki
JAKARTA - Ekonomi Indonesia dalam tren tumbuh melambat. Hal ini tercermin dari pertumbuhan kredit perbankan nasional yang juga loyo.

Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan kredit perbankan sepanjang tahun ini hanya sampai tumbuh 8%. Angka ini jauh lebih rendah ketimbang pertumbuhan kredit sepanjang 2018 yang mencapai double digit sebesar 12,88%.

Hal tersebut dikemukakan Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Endy Dwi Tjahjono dalam acara pelatihan wartawan di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Senin (9/12/2019).

"Volume kredit perbankan masih akan terus turun. Sementara itu sejalan dengan penurunan kredit, pembiayaan luar negeri melambat," kata Endy.

Tanda-tanda loyonya pertumbuhan kredit sudah terlihat pada kuartal III-2019, di mana kala itu otoritas moneter mencatat pertumbuhan kredit mengalami perlambatan.

Dalam laporan Tinjauan Kebijakan Moneter (TKM) Bank Indonesia, penyaluran kredit oleh perbankan pada kuartal III-2019 tumbuh 7,89% secara tahunan (yoy), melambat ketimbang kuartal sebelumnya 9,92% (yoy).

Hal ini semakin diperkuat dengan tingkat konsumsi rumah tangga yang tercatat mengalami perlambatan. Padahal, konsumsi rumah tangga memberikan kontribusi hampir 57% terhadap produk domestik bruto (PDB).

Pada kuartal III-2019, konsumsi rumah tangga tercatat tumbuh 5,01%, melambat dibandingkan kuartal II-2019 yang tumbuh 5,17%. Pada kuartal IV-2019, BI memperkirakan konsumsi rumah tangga tumbuh 5,02%.

"Saya kira kita optimistis ke depan akan lebih baik. Memang kita nggak bisa ambil lompatan karena pertumbuhan jangka panjang dari sisi supply kita melakukan peningkatan alih teknologi, resources-nya," jelasnya. 

(cnbcindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Aset Sinarmas Rp 737 T, Anak Eka Tjipta Cuma Dapat Rp 1 M
Praktisi Hukum: Penyanderaan Mobil Konsumen oleh ACC, Masuk Kategori Pemerasan
DLH Pelalawan Pastikan Ekspose Hasil Sampel Limbah PT. Serikat Putra, PPLHD dan Gakkum Tuntaskan Verifikasi
Viral, Turis Perempuan Mabuk Sambil Telanjang Bulat di Kuil Budha Thailand
Hadiri Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional Tahun 2020, Ini Pesan Alfedri

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter