Home  / Ekbis
Ekonomi RI Loyo, Kredit Ditaksir Cuma Tumbuh 8 persen
Senin, 9 Desember 2019 | 18:13:41
Foto: CNBC Indonesia/Muhammad Sabki
JAKARTA - Ekonomi Indonesia dalam tren tumbuh melambat. Hal ini tercermin dari pertumbuhan kredit perbankan nasional yang juga loyo.

Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan kredit perbankan sepanjang tahun ini hanya sampai tumbuh 8%. Angka ini jauh lebih rendah ketimbang pertumbuhan kredit sepanjang 2018 yang mencapai double digit sebesar 12,88%.

Hal tersebut dikemukakan Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Endy Dwi Tjahjono dalam acara pelatihan wartawan di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Senin (9/12/2019).

"Volume kredit perbankan masih akan terus turun. Sementara itu sejalan dengan penurunan kredit, pembiayaan luar negeri melambat," kata Endy.

Tanda-tanda loyonya pertumbuhan kredit sudah terlihat pada kuartal III-2019, di mana kala itu otoritas moneter mencatat pertumbuhan kredit mengalami perlambatan.

Dalam laporan Tinjauan Kebijakan Moneter (TKM) Bank Indonesia, penyaluran kredit oleh perbankan pada kuartal III-2019 tumbuh 7,89% secara tahunan (yoy), melambat ketimbang kuartal sebelumnya 9,92% (yoy).

Hal ini semakin diperkuat dengan tingkat konsumsi rumah tangga yang tercatat mengalami perlambatan. Padahal, konsumsi rumah tangga memberikan kontribusi hampir 57% terhadap produk domestik bruto (PDB).

Pada kuartal III-2019, konsumsi rumah tangga tercatat tumbuh 5,01%, melambat dibandingkan kuartal II-2019 yang tumbuh 5,17%. Pada kuartal IV-2019, BI memperkirakan konsumsi rumah tangga tumbuh 5,02%.

"Saya kira kita optimistis ke depan akan lebih baik. Memang kita nggak bisa ambil lompatan karena pertumbuhan jangka panjang dari sisi supply kita melakukan peningkatan alih teknologi, resources-nya," jelasnya. 

(cnbcindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Riau Akan Dilanda Kemarau 7 Bulan, Ini Imbauan DPRD Pekanbaru
Waspada Aplikasi Kamera Pencuri Data Asal China
Sepanjang 2019 Balita Penderita Stunting di Riau Capai 16.275 Jiwa
Jadwal Pemadaman Listrik di Pekanbaru Tanggal 21 Januari
Pemetaan Guru, PGRI Riau Siap Bersinergi dengan Pemprov Riau

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad