Home  / Ekbis
Wan Abu Bakar Sayangkan LAM Riau Ingin Berpartisipasi dalam Pengelolaan Blok Rokan
Senin, 14 Oktober 2019 | 18:47:31
Wan Abu Bakar.
PEKANBARU - Tokoh masyarakat Riau, Wan Abu Bakar menyayangkan sikap Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Riau yang ingin turut berpartisipasi dalam pengelolaan Blok Rokan.

Menurutnya, sebagai lembaga yang menjunjung tinggi marwah Melayu, LAM seharusnya mendukung pemerintah daerah untuk mengelola lahan minyak tersebut.

"Saya rasa apa yang dilakukan LAM untuk mendapatkan bagian dri Blok Rokan ini kurang tepat. LAM tidak perlu melangkah sejauh itu. Karena setahu saya, LAM itu lembaga masyarakat Melayu yang menjunjung tinggi nilai-nilai Melayu. Tidak profesional lah LAM ikut mengelola Blok Rokan," kata Wan Abu Bakar di Pekanbaru, Senin (14/10/2019).

Selain karena LAM merupakan lembaga adat, mantan gubernur Riau ini berpendapat bahwa pengelolaan Blok Rokan membutuhkan kesiapan yang matang. Baik dari segi pembiayaan maupun sumber daya manusianya
.
"Karena mengelola ini butuh kesiapan yang matang, bagaimana biayanya, SDM nya, apakah betul badan usaha milik adat yang dibentuk LAM itu mampu atau tidak. Jangan ada intervensi dari pihak manapun," sebut pria kelahiran 1950 tersebut.

Ditambahkannya, Blok Rokan semestinya dikelola oleh perusahaan dari pemerintah daerah. Sehingga, pengelolaan blok migas yang baru akan lepas dari kekuasaan perusahaan asing tahun 2021 ini bisa lebih baik ke depannya.

"Perusahaan yang dikelola pemerintah daerah lah yang seharusnya mengelola Blok Rokan. Perusahaan yang berpengalaman, punya modal dan SDM yang mencukupi. Saya yakin gubernur pasti sudah memiliki kriterianya," tutupnya.

Sebelumnya, DPH LAMR Riau, Datuk Sri Syahril Abubakar mengatakan, bahwa LAM berencana membentuk badan usaha milik adat agar bisa berpartisipasi dalam pengelolaan Blok Rokan.

Pertimbangannya, lokasi sumur minyak Chevron saat ini berada di kawasan lahan adat di bawah bekas kekuasaan kesultanan Siak. Tidak hanya itu, LAM mengklaim bahwa pihaknya telah memiliki SDM yang mumpuni untuk berpartisipasi dalam pengelolaan blok migas tersebut.***

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Kelola Blok Rokan, LAM Riau Alami Krisis Kepercayaan?
Istiqlal soal Ucapan Salam Agama Lain: Demi Kerukunan Umat
Jom Ramaikan Wisata Malam Kampung Melayu Desa Aei Puteh
Sakit Lutut, Alasan Ridwan Kamil Minta Kolam Renang dari APBD
Anggota DPRD Jabar Ungkap Kolam Renang Mewah Ridwan Kamil

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad