Home  / Ekbis
Gokil! Sepatu Impor Made in Vietnam Obrak-Abrik Pasar RI
Kamis, 3 Oktober 2019 | 08:21:18
Foto: Sepatu Nike (CNBC Indonesia)
JAKARTA - Papan lebar bertuliskan "Dijual sepatu impor" cukup menyedot perhatian para pengendara di salah satu tepi jalan kawasan Pancoran Mas, Depok. Di belakangknya berjejer ratusan pasang sepatu sport warna-warni yang dijual dengan harga sangat miring.

Sepatu-sepatu bermerek itu dibubuhi label 'Made in' Vietnam, yang harganya cuma Rp100 ribu per pasang. Tentu saja, harga semurah itu dengan label produk bermerek, sepatu Vietnam itu dipastikan barang KW.

"Ya, tapi ini jauh lebih mendinglah dibandingkan sepatu-sepatu buatan Bogor," kata seorang pedagang.

Ia sempat menjulurkan bagian dalam sepatu made in Vietnam yang menurutnya sudah dijahit rapi dan pengelemannya yang bagus. Sepintas memang mirip dengan penampakan kualitas produk yang asli.

Kisah sepatu made in Vietnam ini, bukan hanya di Depok saja, di Jakarta misalnya, di salah satu sudut jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Pemandangan serupa juga bisa ditemukan, saat hari mulai gelap, pedagang sepatu impor Vietnam mulai mengisi halaman depan ruko yang sudah tutup.

"Harganya ada yang Rp155 ribu, ada paling murah Rp70 ribu," kata pedagang menawarkan beragam sepatu sport yang warna dan modelnya beragam.

Di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, keberadaan sepatu sport buatan Vietnam ini juga sudah marak di sana. Pedagang menjajakan sepatu ini Rp120-150 ribu per pasang.

Fenomena sepatu impor Vietnam ini mengingatkan 'demam' sepatu China yang sempat marak beberapa tahun lalu. Kini, sepatu Vietnam yang mulai merajalela masuk pasar. 

Harijanto, Ketua Dewan Pembina Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo), membenarkan soal serbuan sepatu made in Vietnam ini. Ia bilang maraknya sepatu made in Vietnam sudah terjadi setahun terakhir.

"Masuk ke Indonesia baru, tapi di Vietnam sudah lama KW 1 persis, kalau sepintas sama dengan yang asli," katanya kepada CNBC Indonesia, Rabu (2/10). 

(cnbcindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Tendang Kemaluan Sang Pacar, Akhirnya Bunga Lolos dari Pemerkosaan
Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Dijagokan Jadi Calon Kapolri
#1 African Woman Investor to be highlighted at the Russia-Africa Summit
Jubir Presiden Akui Tetty Paruntu Diundang ke Istana, Dicoret di Menit Akhir
11 Manfaat Rimbang, Si ‘Kembaran’ Leunca

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad