Home  / Ekbis
Ssst! Ada 1 Pabrik China Relokasi ke RI, Tapi Komplain Tanah
Kamis, 19 September 2019 | 21:55:57
Foto: Pertemuan API dengan Jokowi, Senin 16 September 2019
JAKARTA - Masalah hambatan investasi di Indonesia menjadi satu topik yang dibahas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama para pengusaha yang berkunjung ks Istana Merdeka pada awal pekan ini. Persoalan lahan menjadi salah satu yang dibahas.

Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudrajat yang ikut dalam pertemuan mengungkap, ada satu perusahaan relokasi dari China ke Indonesia.

"Yang dikomplain Pak Jokowi dari 33, sebanyak 23 investasi merelokasi di Vietnam, itu ada satu masuk ke Indonesia dan mereka menyampaikan komplain mereka masalah tanah, harga tanah terlalu tinggi dan sebagainya," kata Ade menceritakan isi pertemuan tersebut di kantor API, Jakarta, Kamis (19/9/2019).

Menurut Ade, apa yang disampaikan terkait komplain itu sudah diterima Jokowi. "Beliau sangat mengerti hal tersebut," kata Ade.

Selain itu, Ade juga menyampaikan pengalaman kemudahan berinvestasi di Ethiopia dan India. Menurutnya kedua negara itu memberikan pelbagai insentif serta kecepatan pelayanan dalam memperoleh izin. Termasuk keberadaan industrial park yang menjadi kesatuan rantai pasok untuk memudahkan jalur logistik.

Pengalaman berinvestasi di Ethiopia sebelumnya dilakoni oleh CEO Busana Apparel Group, M Maniwen, yang juga pengusaha tekstil dan produk tekstil (TPT). Ia berekspansi ke negara Afrika itu lantaran upah buruh yang murah dibanding dengan Indonesia. 

(cnbcindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Ramalan Ferguson untuk Liverpool Terbukti Tepat
Ini Dia Pemenang Lomba Festival Budaya Bahari Pantai Selat Baru 2019
Sungai Mandau Juara 1 Festival Pawai Budaya Internasional
Fakta Lengkap Istri Polisi diduga Selingkuh dengan Dokter, Jadi Tersangka hingga Terancam 9 Bulan Penjara
"20 Persen Mahasiswa di Bandung Berpikir Serius untuk Bunuh Diri..."

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad