Home  / Ekbis
Ngeri, Sri Mulyani Bicara Resesi Hingga Negara yang Kontraksi
Rabu, 21 Agustus 2019 | 11:42:55
(Foto: Lidya J.S)
Foto: Seminar Nasional nota Keuangan RAPBN 2020
JAKARTA - Kondisi ekonomi global diselimuti awan hitam. Perang dagang, currency war, hingga resesi dan bahkan krisis ekonomi di negara seperti Argentina.

Hal inilah yang menjadi sumber tantangan utama negara berkembang termasuk Indonesia. Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, bicara tantangan tersebut yang harus diwaspadai.

"Sumber tantangan, kalau dari eksternal maka dinamikanya juga harus dipahami [...] yang kita perhatikan dalam ekonomi dunia, apakah itu proyeksi ekonomi dunia melemah bahkan beberapa kali disebut resesi," kata Sri Mulyani.

Ia menyampaikan hal ini dalam acara Seminar Nasional Nota Keuangan RAPBN 2020: Mengawal Akuntabilitas Penerimaan Negara di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Dijelaskan Sri Mulyani lebih jauh, resesi itu menunjukkan ekonomi yang terkontraksi atau negatif dalam dua kuartal berturut-turut. Nah, saat ini menurut Sri Mulyani beberapa negara yang cukup penting di dunia sudah masuk kontraksi.

"Jerman, Singapura, negara latin AS seperti Argentina yang dalam masa krisis, Meksiko, Brasil, juga dalam situasi sulit. Oleh karena itu tantangan eksternal pelemahan ekonomi dunia terutama oleh beberapa zona tadi Amerika Latin, Eropa, China, dan bahkan kawasan Asia sendiri termasuk India yang jadi motor penggerak ekonomi di pasar berkembang juga alami pelemahan."

"Ini pusat kewaspadaan kita," tegas Mantan Managing Director World Bank ini.

(CNBCINDONESIA.COM)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Kondisi Saat Ini Versi BI: Semua Orang Selamatkan Asetnya!
Demi Gairah Ekonomi, Sri Mulyani Rela Kehilangan Rp 54 T
Apakah RI Termasuk Negara yang Rentan Terhadap Krisis?
Triwulan II Ekonomi Riau Tumbuh 2,80 Persen
Gubri: Ekonomi Syariah Sudah Menjadi Icon Riau

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad