Home  / Ekbis
Barang Impor Bebas Merajalela di Shopee Cs, Peritel Pasrah
Kamis, 11 Juli 2019 | 16:36:53
Foto: CNBC Indonesia
JAKARTA - Barang-barang impor murah dan mudah masuk ke Indonesia melalui platform e-commerce macam Shopee, Lazada dan lainnya. Harga yang ditawarkan murah berikut dengan ongkos kirimnya. 

Apakah ini akan mengganggu ritel lokal? 

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Tatum Rahanta mengatakan persoalan bukan pada boleh atau tidaknya barang impor di platform e-commerce. Siapapun, katanya, boleh melakukan impor asalkan mematuhi aturan main. 

"Saya tidak mempermasalahkan impor atau tidak impor. Yang saya masalahkan adalah keadilan di persaingan. Apapun yang dijual dan beredar di Indonesia itu harus sama-sama bayar pajak, mengurus SNI, BPOM," kata Tatum kepada CNBC Indonesia, Kamis (11/7/2019). 

Jika terkait aturan, maka pemerintah, katanya, perlu mengambil langkah tegas. Pemerintah perlu memonitor pelaku usaha yang tidak membayar pajak. 
Menurutnya, alasan orang mengimpor kemungkinan lantaran barang itu tidak diproduksi dalam negeri atau tidak tersedia di dalam negeri. 

Ia tidak mempermasalahkan jika barang impor yang ditawarkan murah. Persaingan, katanya, adalah hal lumrah. 

"Pengusaha mencari peluang dan keuntungan. Tidak ada yang lain," katanya.

Country Brand Manager Shopee Indonesia Rezki Yanuar mengatakan sebagai salah satu Unicorn di Asia Tenggara, sistem Shopee memang memungkinkan adanya pengiriman dari luar Indonesia.

Namun, ia mengklaim E-commerce Shopee angkat suara terkait penjualan barang dari China yang ditawarkan di platform asal Singapura ini. Menurut data internal Shopee hanya 5% barang dari luar negeri yang ada di Shopee.

"Fokus kami sedari dulu tidak berubah, yakni mengembangkan UMKM negara setempat agar lebih melek digital. Khusus di Indonesia kami bahkan membuat laman khusus untuk mengakomodir produk-produk asli nusantara yakni Kreasi Nusantara," ujar Rezki Yanuar.

(cnbcindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Jorok! Ini Penampakan Sampah Impor yang Tepergok Bea Cukai
Tak Cuma Rumah, Ini Daftar Barang Mewah yang Pajaknya Cuma 1%
256 Ribu Ton Bawang Putih Impor Siap Masuk Indonesia
Atasi Kantuk dan Lelah, Jangan Sembarangan Minum Kopi dan Minuman Energi
Buwas: Stok Beras 2,1 Juta Ton Lebih, Tak Perlu Impor

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad