Home  / Ekbis
Faisal Basri Kaget Indonesia Importir Gula Terbesar Dunia, Salip China dan AS
Rabu, 16 Januari 2019 | 19:39:14
(Doc. Net)
Faisal Basri
JAKARTA - Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Faisal Basri mengaku heran dengan keputusan Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang kembali membuka kran impor gula.

Pasalnya kata Faisal, jumlah impor lebih tinggi dari kebutuhan dalam negeri.

"Peningkatan impor lebih cepat dari peningkatan kebutuhan, kan ini aneh. Impor itu untuk menutup selisih antara produksi dan konsumsi. Karena konsumsinya lebih tinggi, lantas ditutup (impor)," kata Faisal Basri saat konferensi pers di Jakarta, Senin (14/01/2019) kemarin.

Faisal mengungkapkan, impor gula Indonesia mencapai 4,45 juta ton untuk periode 2017/2018. Data ini menunjukkan lebih tinggi dibandingkan China sebesar 4,2 juta ton dan AS sebanyak 3,11 juta ton.

"Pertama kali saya kaget melihat data statistik, Indonesia sudah jadi importir terbesar gula di dunia. Sebelum-sebelumnya kan gak terbesar. Sekarang kita sudah lampaui AS dan China, biasanya kita nomor tiga atau empat," ujarnya.

Sementara itu, pada bulan Januari-November 2018, Data Badan Pusat Statistik (BPS) juga mencatat impor gula yang mencapai 4,6 juta ton, lebih tinggi dari periode yang sama 2017 sebesar 4,48 juta ton.

(jarrak.id)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Batal ke RI, Pangeran Arab Investasi Rp 282 T untuk Pakistan
Tingkatkan Layanan, GBI Hentikan Sementara Lisensi di Indonesia
Perbandingan Statistik Ronaldo dan Messi Musim Ini, Siapa Lebih Unggul?
Harus Tahu, 5 Kebiasaan Ini Picu Gula Darah Tinggi
Utang Jepang Boleh Besar, Tapi Tidak Rentan Seperti RI

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad