Home  / Ekbis
Pengelolaan Pasar Bawah Diminta Kembali ke Konsep Awal
Jumat, 27 Juli 2018 | 07:53:49
Herman Phili
PEKANBARU, riaueditor.com - Kondisi pasar bawah yang kini amburadul, mengundang keprihatinan H. Herman Phili, S.Fil (65). Perwakilan pedagang sekaligus tokoh yang berhasil memediasi para pedagang dengan pengembang itu saat dibangunnya destinasi wisata kota Pekanbaru itu tahun 2000-an silam itu menilai pengelolaan pasar tak sesuai konsep awal.

"Sebagai ketua koperasi pedagang ketika itu, saya berupaya memediasi, dan alhamdullilah bisa diterima kedua belah pihak, sehingga pembangunan pasar bawah pun bisa dilaksanakan", ujar Herman Phili yang kini pindah domisili di Jalan Sepakat Kecamatan Tenayan Raya, Kamis (26/7/18).

Ia menjelaskan, kala itu para pedagang menolak dilakukannya revitalisasi karena masalah harga kios. Hingga pada akhirnya setelah dirinya memberikan pengertian, pèmbangunan pasar bawah pun bisa dilaksanakan

"Sekedar tahu saja, siapapun yang masuk kesana ketika itu tak akan didengar selain orang yang benar benar dianggap tokoh yang dituakan", ujar Hermam Phili seraya mengingat kembali saat pasar bawah belum direvitalisasi.

Herman Phili menjelaskan, sesuai konsep awal pembangunan pasar wisata di era Walikota Pekanbaru Herman Abdullah itu, basement untuk pedagang kaki lima dan parkir. Lantai I untuk pedagang keramik dan barang harian, lantai II buat pedagang pakaian jadi dan lantai III untuk arena permainan anak dan pujasera.

Berbeda dengan kondisi saat ini ucap Herman, pengelolaan pasar bawah dinilai amburadul. Alhasil, pusat perbelanjaan barang-barang antik, aksesories rumah tangga dari dalam dan luar negeri seperti keramik, karpet, lampu-lampu antik dan elektronik ini, kurang diminati akibat pengelolaan yang tidak tertata baik.

Untuk itu, Herman mendesak Pemko Pekanbaru dan instansi terkait agar mengembalikan pembangunan pasar bawah sesuai konsep awal. Sehingga dengan demikian para pedagang di pasar tepi Sungai Siak itu kembali bergairah seperti sedia kala. (fin)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Pemko Pekanbaru Bersama UNDP Bahas Inkubasi Pengelolaan Sampah
Miris, Masih Banyak Dokter Umum Digaji di Bawah Rp3 Juta
TNI Ikut Uji Coba Jaringan Optik Bawah Laut Palapa Ring Paket Tengah
Setubuhi Anak Dibawah Umur Hingga Hamil, Pemuda Salo Diamankan Polisi
Ditemukan Gunung Raksasa di Bawah Laut Sumatera, LIPI: Sudah Tidak Aktif

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad