Home  / Advertorial
HUT Mal Pelayanan Pekanbaru, Tjahjo Kumolo Apresiasi Inovasi Pelayanan Publik Pemko Pekanbaru
Kamis, 12 Maret 2020 | 19:56:18
dok. Humas Pemko Pekanbaru
PEKANBARU, riaueditor.com- Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru genap sudah satu tahun. Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pelayanan Satu Pintu ini digelar di halaman Kantor MPP, Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, Rabu (11/3/2020).

Hadir dalam HUTT MPP tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Repormasi Birokrasi (MenPAN-RB) RI, Tjahjo Kumolo, beserta Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Profesor Zudan Arif Fakrullah, Deputi Bidang Pelayanan Publik, Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA. 

Selain pejabat dari Kementerian juga hadir, Wakil Gubenur Edi Natar, Walikota Pekanbaru DR Firdaus ST.MT, pimpinan BI, OJK, Konsulat Malaysia, anggota DPRD Riau dapil Pekanbaru, unsur Forkopinda Riau dan Pekanbaru, undangan dan ribuan masyarakat kota Pekanbaru.


Dalam sambutannya, MenPAN RB Tjahjo Kumolo menyampaikan apresiasinya terhadap  Pemerintah Kota Pekanbaru dan selamat Ulang Tahun MPP yang pertama. MPP ini merupakan pelayanan dalam satu atap yang mampu mengintegrasikan ke layanan lainnya. Selain itu kehadiran MPP sendiri dapat memutus mata rantai praktek korupsi.

"Dengan hadirnya MPP dapat memberikan pelayanan yang lebih transparan, dan lebih maksimal kepada masyarakat. Kami sangat mengapresiasi hadirnya MPP dan telah berjalan satu tahunnya MPP Pekanbaru memberikan layanannya kepada masyarakat," kata Tjahjo Kumolo.

MenPAN-RB juga meyakini ASN di Pemko Pekanbaru dapat bekerja profesional, dan mampu melayani di bidangnya masing-masing lewat MPP Pekanbaru Dia juga mengakui, sejak MPP diresmikan setahun lalu berkembang pesat, dan tetap dalam pantauan pemerintah pusat. "Semoga lewat MPP Pekanbaru, kabupaten/kota lainnya akan termotivasi untuk mencontoh sistem pelayanan terpadu MPP Pekanbaru," ujarnya.


Tjahjo Kumolo  menyebutkan integrasi pelayanan dalam MPP bukan hal yang mudah karena membutuhkan koordinasi, komunikasi, dan komitmen pimpinan yang kuat. Ia berharap MPP Pekanbaru menjadi unit pelayanan yang tidak hanya mampu ditiru kabupaten/kota, tapi untuk seluruh daerah lain di Indonesia dan mampu melakukan berbagai inovasi dalam upaya memberikan layanan berkualitas dan mendorong investasi lokal dan internasional, tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution mengatakan, MPP Pekanbaru dapat dijadikan sebagai pelayanan modern kepada masyarakat. Aseiap ASN dituntut mengembangkan dan menciptakan inovasi demi peningkatan dan percepatan pembangunan.


Menurut Wagubri, MPP ini merupakan inovasi untuk suatu perobahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat kota Pekanbaru dan telah dirasakan manfaatnya. Kedepan sistim pelayanan publik terus dituntut lebih baik.

Permasalahan yang akan dihadapi semakin kompleks, baik dari sisi penyelenggaraan maupun dari sisi masyarakat yang terus berkembang dinamis, sebut Edy Natar Nasution.

Dikatakan Edy Natar, dengan hadirnya MPP, Pemko Pekanbaru membentuk ASN yang modern yang memiliki pola pikir yang tinggi dan selalu memberikan pelayanan terbaik. Sehingga MPP berdampak kepada pertumbuhan perekonomian masyarakat dan tumbuhnya minat Investor datang ke Pekanbaru, kata Edy Natar.

Disisi lain, Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zuan Arif Fakrulloh memaparkan, MPP Pekanbaru bukanlah Mal Pelayanan Publik biasa, tetapi merupakan Mall yang masuk ketegori modern. MPP Pekanbaru salah satu Inovasi baru daqri Kemenpan-RB dan Kemendagri. 


"Karena kalau kita sudah sepakat, bahwa Pelayanan Publik menjadi roh dari tata pemerintahan. Maka kita harus membangun komitmen yang sama, Pelayanan publik harus cepat," ucapnya.

Menurutnya, Kemendagri  akan tetap membantu  penuh Walikota Pekanbaru, kita sudah melihat kondisi  gedung dan sistim pelayanan Disdukcapil, "Ini salah satu layanan Dukcapil terbaik di Indonesia," pujinya.

Sebelumnya Walikota Pekanbaru, DR. Firdaus, ST. MT dalam sambutan dan laporannya mengatakan, di usia Mal Pelayanan Pekanbaru (MPP) yang baru satu tahun, telah memberikan pelayanan kepada masyarakat, khusus pelayanan bidang perizinan dan non perizinan.  

Dibangunnya MPP ini sebagai bentuk komitmen dan konsistensi  Pemerintah kota Pekanbaru untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.  Artinya, dalam hal pelayananan bidang perizinan, Pemko Pekanbaru telah menjalankan perintah Menpan-RB, sebut Firdaus.  

Sejak berjalannya pelayanan di MPP terbukti adanya kenaikan jumlah investasi mencapai 250 persen, begitu juga dengan ketersediaan tenaga kerja naik 60 persen, urainya.


Selanjutnya kata Firdaus, pelayanan non perizinan, bidang Kependudukan yang sebelumnya hanya dilakukan di Kantor Disdukcapil dan UPTD Kecamatan, kini difokuskan di MPP". Dan sejak dipindahkannya pelayanan kependudukan ke MPP terjadi peningkatan kunjungan mencapai  1.600 setiap hari. 

Jika sebelumnya terdapat sekitar 600 antrian pelayanan, tetapi sejak sebulan terakhir terjadi peningkatan  mencapai  1400 hingga 1600 antrian per-hari. Kami menargetkan, tahun depan MPP bisa menampung 2.500 pelayanan," terang Walikota Pekanbaru.

Menurut Firdaus, untuk mewujudkan layanan kependudukan masih dibutuhkan inovasi, aktifasi dan sistem, sarana dan prasarana akan disediakan tahun ini dan kami juga sedang persiapkan SDM milenial. "Misalkan pendaftaran secara online dan pelayanan sesuai jam antrian sehingga efisienai waktu dapat dilakukan," jelasnya.

Walikota Pekanbaru berharap, dengan hadirnya MPP dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, karena hal tersebut salah satu penunjang terwujudnya visi misi Pemko Pekanbaru, yakni "Pekanbaru Smart City Madani," tutupnya.

Selanjutnya, Tjahjo Kumolo bersama Wagubri Edy Natar Nasution dan Walikota Pekanbaru melakukan penekananan tombol tanda diresmikannya MPP Dukcapil dan penandatanganan plakat peresmian gedung MPP Administrasi Kependudukan (Adminduk).

Perayaan HUT perdana MPP juga disertai dengan pemotongan Tumpeng oleh MenPAN RB Tjahjo Kumolo dan Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus ST MT, menerima potongan nasi tumpeng pertama dari MenPAN-RB. Hal itu sebagai tanda apresiasinya terhadap keberhasilan Pemko Pekanbaru di bawah Pemerintahan Firdaus dan Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi.(Advertorial/Pemko Pekanbaru)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Gubri Rayakan Ulang Tahun Rumah Sakit Arifin Achmad ke 44
Peringati HUT Ke-57 Kodam XVII/Cenderawasih, Kodim 1707/Merauke Bagikan Ratusan Paket Sembako Kepada Masyarakat
Dituduh Cemarkan Nama Baik Luhut, Said Didu Diperiksa Bareskrim Hampir 12 Jam
Bambang Widjojanto Nilai Kritik Said Didu kepada Luhut Dijamin UUD 1945
Pekerja Lokal Minim Keahlian, 500 TKA China Jadi Prioritas

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad