SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1442 H
Home  / 
Corona Ganas Masuk RI, Pemerintah Siapkan Kebijakan Baru
Selasa, 2 Maret 2021 | 23:05:40
(Youtube BNPB)
Foto: Wiku Adisasmito Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19
JAKARTA - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengakui mutasi virus Corona berkode B117 telah masuk ke Indonesia. Varian baru yang diduga berasal dari Inggris ini diketahui jauh lebih menular dibandingkan dengan virus asalnya.

"Ya betul varian B117 telah ditemukan di RI sebagaimana disampaikan Wakil Menteri Kesehatan," ujar Wiku dalam konferensi pers, Selasa (2/3/2021).

Wiku mengatakan, adanya temuan tersebut akan ditindaklanjuti dengan penelusuran kasus tersebut untuk mencegah meluasnya penyebaran. "Petugas bersama Satgas akan monitoring implementasi di lapangan," jelas Wiku.

Meski tidak menyampaikan langkah apa yang diambil oleh pemerintah untuk merespons mutasi virus yang sempat bikin heboh dunia ini, namun Wiku mengatakan pemerintah tetap akan mengambil kebijakan yang diperlukan.

"Pemerintah adaptif dengan situasi kondisi yang ada termasuk perubahan kebijakan yang dibutuhkan," ujar Wiku.

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono, mengatakan tepat satu tahun pula mutasi B117 yang berasal dari Inggris masuk ke Indonesia.

"Ada berita yang saya terima dari satu tahun refleksi. Satu tahun yang kita menemukan kasus 01 dan 02, tadi malam saya dapat informasi, tepat satu tahun mutasi B117 UK mutation di RI. Fresh from the oven. Ada 2 kasus. Artinya akan menghadapi kasus dengan semakin berat," katanya di Jakarta, Selasa (2/3/2021).

Dia menjelaskan, dari 462 yang sudah sudah dilakukan pengecekan beberapa bulan ini ada ditemukan dua kasus konfirmasi positif dari mutasi tersebut. "Kita menemukan dua kasus tadi malam," tegasnya.

Dia menambahkan, refleksi setahun pandemi akan diharapkan membuat tantangan ke depan, mengembangkan riset yang kian cepat, model penanganan lebih baik dan studi epidemiologis secara analitik. Hal ini karena mutasi sudah ada di sekitar kita.

"Semoga kolaborasi dari masyarakat, Kemenkes dan Kemenristek BRIN akan membawa hal positif. Bisa membawa semuanya keluar dari pandemi," pungkasnya.

Mutasi corona B117 pertama kali ditemukan di Inggris pada tahun lalu. Akibat mutasi ini kasus Covid-19 di Inggris melonjak pada akhir 2020.

(sumber: CNBCIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Bertambah 332 Kasus Baru, Hari Ini 577 Pasien Covid-19 di Riau Sembuh
Kunker Presiden Jokowi ke Riau Bisa Disaksikan Melalui Video Streaming
Bupati Suyatno Jalani Test Swab Untuk Hadiri Kunker Presiden ke Riau
Jokowi: 15 Provinsi Alami Kenaikan Kasus Covid-19, Hati-hati
Masuk Pekanbaru, Pengendara dan Penumpang Wajib Tunjukkan Hasil Rapid Antigen

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter