SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1442 H
Home  / 
Ternyata Ada Pemuda Papua Ikut Sumpah Pemuda 1928
Minggu, 31 Januari 2021 | 17:42:48
istimewa
Hari Sumpah Pemuda dalam sejarah perjuangan bangsa merupakan momentum histories yang teramat penting dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari mata rantai perjuangan bangsa Indonesia. 

Sumpah Pemuda telah memberikan motivasi baru bagi bangsa ini, untuk memperjuangkan nasib dan eksistensinya sebagai sebuah bangsa yang berdaulat, serta memberikan inspirasi terhadap seluruh anak bangsa untuk tetap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dari berbagai upaya disintegrasi.

Ketika Sumpah Pemuda berlangsung di Jakarta, ternyata ada pemuda dari Papua ikut hadir dalam Sumpah Pemuda di Jakarta Tahun 1928 mewakili pemuda-pemuda Papua.

Hal itu terungkap ketika Komandan Lanud Silas Papare, Marsma TNI Budhi Achmadi, mengunjungi Ketua Barisan Merah Putih Papua, Tokoh Pepera, dan Ondofolo di Distrik Waena, Jayapura, Ramses Ohee. 

"Ayah beliau, Poreu Ohee, adalah Kepala Desa Sentani pada tahun 1927 atas penunjukan Sultan Tidore, sebagai bukti bahwa Papua sudah menjadi bagian dari kerajaan di Nusantara yaitu Tidore pada masa sebelum kemerdekaan," kata Marsma TNI Budhi Achmadi, Minggu, (31/1)

Dijelaskannya, saat Ramses kecil juga sering diceritakan bagaimana ayahnya mengaku ikut hadir dalam Sumpah Pemuda di Jakarta Tahun 1928 mewakili pemuda-pemuda Papua. Sayangnya era tersebut masih belum ada teknologi kamera untuk mengabadikan momen dengan mudah seperti sekarang. Sehingga cerita bahwa ada pemuda Papua bernama Poreu Ohee ikut Sumpah Pemuda hanya menjadi cerita turun temurun dalam keluarga Ohee di Sentani. 

"Kunjungan ini sangat bermakna untuk mendengar cerita tentang Papua di era pra kemerdekaan RI, dimana beliau lahir di tahun 1931, dan kunjungan ini untuk memberikan perhatian dan rasa hormat kepada sesepuh yang telah ikut merawat NKRI di Papua. Beliau adalah sedikit tokoh Pepera yang tersisa dari total 1025 orang yang dulu memilih NKRI," tegas Marsma TNI Budhi Achmadi.***

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Satgas Nemangkawi Tangkap Victor Yeimo Buron Kerusuhan di Papua
Aksi Diam di Kejati Riau, Pemuda dan Mahasiswa Kembali Tegur Gubri Syamsuar
TNI Ikut Memeriahkan Hari Tari Dunia di Papua
Bamsoet: Memangnya KKB Pembunuh Rakyat Tak Berdosa Itu Peduli HAM
Pangdam XVII/Cenderawasih Ikuti Upacara Pengantaran Jenazah Alm. Mayjen TNI Anumerta I Gusti Putu Danny Nugraha Karya

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter