Home  / 
Ngantor? Nih Cara Cegah Covid-19 di Tempat Kerja dari WHO
Senin, 21 September 2020 | 12:42:52
(CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)
Foto: Pemakamkan pasien Covid-19 di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Senin (7/9/2020).
JAKARTA - Diberlakukannya kembali PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) ketat di DKI Jakarta ternyata tidak membuat semua sektor pekerjaan dapat mengerjakan pekerjaannya di rumah. Ada cukup banyak sektor yang tetap beraktivitas pada masa PSBB saat ini.

Bagi yang tetap bekerja di tengah pandemi Covid-19, maka perlu strategi dan persiapan diri untuk tetap berada dalam protokol kesehatan agar tak terpapar virus corona.

World Health Organization (WHO) pun memberikan panduan untuk menghindari penyebaran virus corona di tempat kerja, berikut panduannya:

1. Persiapkan Tisu dan Masker

Seperti diketahui bahwa infeksi virus corona ini menular melalui cipratan air liur (droplets) dari seseorang yang mengalami batuk, bersin, atau bahkan berbicara.

Pastikan selalu menggunakan masker dengan cara yang benar mulai berangkat kerja sampai tiba lagi di rumah.

Penggunaan masker dapat melindungi kita dari paparan zat berbahaya, termasuk virus dan bakteri, yang terdapat di udara.

2. Memastikan Area Kerja Dalam Kondisi Bersih

Memastikan sekitarmu tetap terjaga kebersihannya merupakan cara ampuh berikutnya untuk mencegah penularan virus.

Itu bisa dilakukan dengan membersihkan permukaan barang-barang yang berada di atas meja kerja, seperti meja, telepon, keyboard komputer, dan lainnya menggunakan cairan desinfektan secara berkala. Ingatkan setiap karyawan atau rekan kerja untuk selalu mencuci tangan.

3. Menerapkan Jaga Jarak

Untuk cegah virus corona di tempat kerja, sebisa mungkin menerapkan jaga jarak tempat kerja dengan rekan kerja lainnya minimal 1 meter.

Sebab saat ini orang yang telah terinfeksi virus corona bisa saja tampak sehat atau biasa disebut dengan orang tanpa gejala (OTG) sehingga alangkah baiknya untuk menghindari kontak langsung dengan orang lain, termasuk saat berada di lingkungan tempat kerja.

4. Istirahat Jika Tubuh Tidak Fit

Bagi mereka yang sedang tidak enak badan, ada baiknya untuk beristirahat di rumah dan meminum obat seperti paracetamol. Hal ini bertujuan untuk menghindari penularan penyakit ke orang lain.

5. Hindari Bepergian Jika Tak Terlalu Penting

WHO menyarankan untuk tidak keluar negeri atau melakukan traveling sementara waktu, termasuk untuk urusan kerja. Jika memang diharuskan, pastikan yang pergi merupakan orang yang sehat dan telah mengecek daftar area virus Corona yang sudah terkena wabah.

Karyawan yang telah kembali dari area tempat COVID-19 menyebar, harus memantau diri mereka sendiri untuk gejala selama 14 hari dan suhunya dua kali sehari.

6. Beri Semangat Pada Mereka yang Terpapar

Jika melihat adanya gejala virus Corona diderita rekan kerja, segera pisahkan ke dalam ruang yang terisolasi dan segera laporkan aparat kesehatan lokal. Jauhkan diri dari diskriminasi dan dukung mereka melewati penyakit ini.

Selain cara cegah virus corona di tempat kerja yang telah disebutkan, penting pula untuk menjalankan protokol kesehatan lainnya.

Seperti memenuhi asupan makanan yang bergizi, mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh, istirahat yang cukup, serta segera membersihkan diri sesaat tiba di rumah kembali usai bekerja.

(CNBCIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Tahap Pencegahan Covid-19, Polsek Bunut Terus Lakukan Ops Yustisi
Cegah Pungli dan Kriminalitas Polsek Ukui Lakukan Patroli Dialogis
BPOM Belum Bisa Beri Izin EUA Vaksin COVID-19, Rencana Vaksinasi Desember 2020 Dipastikan Mundur
Polri: Seluruh Kapolda Telah Diminta Bubarkan Acara Kerumunan
Satgas Covid-19 Riau Sampaikan Empat Rekomendasi Penanganan Pasien Covid-19 di Lapas

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter