Home  / 
Tips Cegah Penularan Corona Lewat Udara di Ruang Tertutup
Sabtu, 11 Juli 2020 | 08:15:57
(Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Ilustrasi: Pencegahan virus corona di ruang tertutup bisa dilakukan dengan memastikan sirkulasi udara berjalan baik, membuat ventilasi alami dan membuka jendela-pintu secara berkala.
JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui temuan virus corona bisa menyebar lewat udara atau airborne. Hal ini dituangkan pula dalam pembaruan ringkasan ilmiah mengenai transmisi virus penyebab Covid-19 dan sejumlah rekomendasi pencegahan.

Secara ringkas dijelaskan, virus corona menyebar dalam bentuk aerosol--droplet berukuran kecil yang bisa bertahan beberapa jam di udara.

Dokter spesialis paru Erlang Samoedro menerangkan penularan lewat udara memang berarti partikel virus dapat menetap beberapa lama di udara. Namun, ia menekankan penularan ini umumnya terjadi di ruang tertutup.

"Partikel itu bisa bertahan di suatu ruangan dan berputar-putar di situ saja. Kalau di ruang terbuka partikel virus langsung menyebar partikel menjadi semakin kecil dan dapat mati karena sinar matahari," kata Erlang yang juga Sekretaris Perhimpunan Dokter Spesialis Paru Indonesia (PDPI) itu kepada CNNIndonesia.com, Jumat (10/7).

Kemungkinan tertular di ruang terbuka pun sangat kecil, karena untuk penularan sendiri diperlukan dosis atau partikel virus dalam konsentrasi besar. "Untuk penularan butuh dosis. Di udara bebas partikel virus menyebar dan jumlahnya menjadi sangat kecil," ucap Erlang.

Sedangkan jika di ruang tertutup dengan sirkulasi udara yang buruk, penularan virus lewat udara itu bakal lebih mungkin terjadi. Sebab, Erlang melanjutkan, droplet dan aerosol hanya akan berkutat di ruangan itu saja.

Adapun pencegahan penularan virus corona di ruang tertutup dapat dilakukan dengan cara menjaga sirkulasi udara yang baik. Udara harus terus mengalir dari luar ke dalam dan dari dalam ke luar.

Menjaga sirkulasi udara ini bisa dilakukan dengan menerapkan mode AC sirkulasi, menggunakan filter HEPA, membuka jendela, membuka pintu, dan ventilasi udara.

"Intinya sirkulasi udara. Untuk mengurangi penyebaran udara yang hanya berputar di situ-situ saja," tutur Erlang.

Setiap orang yang berada dalam ruang tertutup pada acara tertentu juga harus mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, untuk mencegah Covid-19.

(CNNIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Update Corona 28 September: 278.722 Positif, 10.473 Meninggal
Update 27 September: Positif Covid-19 Bertambah 3.874 Jadi 275.213 Orang
Sebelum Positif Covid-19 Rektor IPB Sempat Radang Tenggorokan
Update 26 September: Positif Covid-19 Bertambah 4.494 Jadi 271.339 Orang
Cegah Covid-19, Polsubsektor Pelalawan Sosialisasikan AKB

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter