Home  / 
Malaysia Perpanjang Lockdown, RI Kirim Bantuan ke WNI
Kamis, 2 April 2020 | 00:48:34
(AP/Ee Ming Toh)
Foto: Warga malaysia serbu pusat perbelanjaan.
JAKARTA - Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha mengatakan pemerintah Indonesia telah menyalurkan bantuan bagi warga negara Indonesia (WNI) yang terdampak penguncian (lockdown) di Malaysia.

Sebab menurutnya, kebijakan yang berlaku bagi seluruh penduduk Malaysia, termasuk warga asing tersebut, telah membuat sebagian WNI kesulitan untuk mencari nafkah dan memenuhi kebutuhan hidupnya.

"Berdasarkan pengamatan perwakilan Republik Indonesia yang ada di 6 perwakilan di Malaysia, dampak movement control order (MCO) yang paling besar dirasakan bagi warga negara Indonesia yang bekerja sebagai buruh harian lepas. Sedangkan mayoritas pekerja migran Indonesia yang memiliki majikan tetap, masih dalam kondisi yang relatif baik." katanya dalam video conference, Rabu (1/4/2020).

"Jadi merespon kondisi tersebut, seluruh perwakilan RI yang ada di Malaysia telah aktif memberikan bantuan logistik kepada kelompok yang paling rentan dari pekerja migran Indonesia. Hingga hari ini tercatat perwakilan RI di Malaysia telah menyalurkan sebanyak 3.143 paket bantuan logistik dan telah menyiapkan hampir 3.000 paket tambahan..." tambahnya.

Sebagaimana diketahui, pemerintah Malaysia telah memutuskan untuk memperpanjang perintah kontrol gerakan (MCO) selama dua minggu hingga 14 April.

Hal itu disampaikan secara langsung oleh Perdana Menteri Tan Sri Muhyiddin Yassin pada Rabu lalu. Ia mengatakan diberi pengarahan oleh Dewan Keamanan Nasional dan Kementerian Kesehatan karena kasus positif COVID-19 telah meningkat tajam di negara itu.

"Tren ini diperkirakan akan berlanjut sebentar sebelum kita dapat melihat jumlah kasus baru yang dilaporkan menurun." katanya, mengutip the Star. "Pemerintah berpendapat bahwa perintah kontrol gerakan harus dilanjutkan."

"Sejalan dengan ini, pemerintah telah memutuskan untuk memperpanjang MCO hingga 14 April. Saya memberitahu Anda tentang perpanjangan lebih awal sehingga orang-orang dapat siap," katanya.

Menurut Worldometers, kasus infeksi corona di Malaysia saat ini telah mencapai 2.908 kasus dengan 45 kematian dan 645 sembuh. Sementara menurut laporan Kemlu, per Rabu ini ada 34 WNI yang dinyatakan positif corona di negara itu. Di mana satu orang sembuh, 32 stabil dan satu orang meninggal.

(CNBCIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Malaysia Tahan 6 Kapal China di Perairan Johor, 60 Orang Ditangkap
Coba Terobos Malaysia, 6 WNI Tewas Kecelakaan
Kemendikbud Diminta Perpanjang Masa Input Subsidi Internet
Ahli Epidemi: Lockdown Pilihan Logis saat Pandemi Mencemaskan
Kemlu RI Panggil Dubes Malaysia terkait Larangan Masuk bagi WNI mulai 7 September

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter