Home  / 
Trik 2 Menit Menekan Nafsu Makan
Kamis, 24 Januari 2019 | 07:45:18
(Istockphoto/patrickheagney)
Ilustrasi makan
JAKARTA - Menahan godaan aroma makanan cepat saji dan beragam kue bukan perkara mudah. Wewangian itu seolah terus mengajak kita untuk mencicipinya dan menelannya sampai habis. Jika sudah begitu, bertambahlah kalori dan lemak dalam tubuh.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Sebab, diam-diam aroma nikmat sajian makanan itu juga punya kemampuan untuk menekan nafsu makan.

Sebuah penelitian teranyar menunjukkan bahwa menghirup aroma makanan berlemak dan berkalori tinggi selama dua menit sudah cukup untuk menjauhkan seseorang dari keinginan untuk melahapnya. Mengutip Science Alert, para peneliti mengatakan, hal itu bisa dijadikan metode anyar diet.

Pada awalnya, mencium aroma makanan tinggi lemak dan kalori memang bakal membangkitkan nafsu makan. Namun, coba tahan hidung Anda untuk terus meresapi aroma yang dihadirkan dalam waktu yang cukup lama, minimal selama dua menit. Tak ayal, keinginan untuk mencicipinya pun hilang seketika. 

Aroma, dalam penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Marketing Research itu, mampu merangsang saraf dalam otak yang berperan dalam menimbulkan rasa kenyang. Aroma itu seolah-olah membuat kita merasa telah mencicipi makanan yang kita hirup sebelumnya, tanpa harus menelan lemak dan kalori ke dalam tubuh.

"Aroma makanan bisa menjadi alat ampuh untuk melawan keinginan makan," ujar salah satu peneliti studi, Dipayan Biswas, dari University of South Florida. 

Rangsangan sensorik halus seperti aroma, kata Biswas, lebih efektif dalam memengaruhi pilihan makanan pada anak-anak dan orang dewasa daripada mengatur dan membatasi jumlah serta jenis makanan.

Peneliti melakukan eksperimen di sejumlah kantin sekolah di Amerika Serikat. Peneliti diam-diam menyebarkan aroma apel, stroberi, piza, dan kue-kue kering. Hasilnya, pembelian makanan atau camilan yang ada di kantin menurun sebanyak 21,43 persen. 

Tak hanya itu, peneliti juga menemukan bahwa seseorang yang memiliki kepekaan terhadap aroma lebih mungkin berhasil dalam menekan nafsu makan dengan metode ini.

Jika metode ini diterapkan pada supermarket, misalnya, masyarakat bisa jadi akan diarahkan menuju rak buah-buahan setelah dua menit menghirup aroma kue panggang yang manis. Hal ini, dinilai peneliti, jauh lebih efektif daripada menyebarkan pamflet berisi manfaat makanan sehat. 

(cnnindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Sebabkan Kematian, Rokok Elektrik Dilarang di New York
Satgas Karhutla Koramil 15/KK Kodim 0313/Kpr Terima Penataran Mesin Mini Strike Dari PT SLS
10 Trik Psikologi agar Mudah Disukai Banyak Orang
"Kado" Belum Habis, Setelah Iuran BPJS Kesehatan, Tarif Listrik 900 VA Juga akan Naik
Pembangkit Kena Gangguan, Aliran Listrik Sebagian DKI Padam

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad