DETIK DETIK KAPAL RO-RO MERAPAT KE DERMAGA, INI YANG DILAKUKAN


Kapal Ro-Ro adalah kapal yang bisa memuat kendaraan yang berjalan masuk ke dalam kapal dengan penggeraknya sendiri dan bisa keluar dengan sendiri juga, sehingga disebut sebagai kapal roll on - roll off atau disingkat Ro-Ro. Oleh karena itu, kapal ini dilengkapi dengan pintu rampa yang dihubungkan dengan moveable bridge atau dermaga apung ke dermaga.

Kapal Roll-on/Roll-off atau Ro-Ro merupakan salah satu jenis kapal yang sangat populer dalam dunia perkapalan. Kapal ini juga populer dari banyak negara salah satunya adalah Indonesia. 

Kemampuan untuk proses integrasi dengan sistem transportasi dan waktu bongkar muat yang cepat membuat RoRo menjadi pilihan utama untuk pelayaran jarak pendek. 

Kapal Ro-Ro sendiri mampu memuat penumpang dan kendaraan yang mana kendaraan masuk (Roll-On) dan keluar (Roll Off) kapal dengan penggeraknya sendiri yaitu Rolling Cargo. Aspek operasional metode bongkar muat ini yang menjadi ciri khas kapal Ro-Ro.

Kapal Ro-Ro selain digunakan untuk angkutan truk juga digunakan untuk mengangkut mobil penumpang, sepeda motor serta penumpang pejalan kaki. Angkutan ini pilihan populer penyebrangan ke Pulau Bengkalis, Riau.(har)

Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar