Awal Maret Tol Permai Tarif Baru, Tol Penang Tetap

Redaksi Redaksi
Awal Maret Tol Permai Tarif Baru, Tol Penang Tetap
Ilustrasi.(Foto: Ist)

PEKANBARU - Kenaikan tarif tol Pekanbaru-Dumai (Permai) sebesar Rp53 ribu menjadi Rp171.500. Kenaikan tarif baru tersebut mulai berlaku pada 4 Maret 2024 mendatang.

Namun, kenaikan tarif tol ini belum berlaku untuk Tol Pekanbaru-Bangkinang (Penang). Jalan bebas hambatan yang menghubungkan ibukota provinsi dan Kabupaten Kampar itu, masih sebesar Rp35 ribu. Dengan rincian tarif Rp1.000 per kilometer dengan panjang tol 31 kilometer ditambah pajak.

"Cuma tol Pekanbaru-Dumai saja. Untuk tol Pekanbaru-Bangkinang belum berlaku," kata GM PT Hutama Karya (HK), Jarot Seno Wibawa, Kamis (22/2/24).

Alasan belum diberlakukannya tarif penyesuaian tarif baru tol untuk jalan bebas hambatan kedua di Riau, karena belum terpenuhi masa periodenya. Di mana untuk ketentuan setiap periode jalan tol dihitung setelah dua tahun.

"Belum cukup periodenya. Kalau dua tahunan baru bisa tarif tolnya dilakukan penyesuaian," jelas Jarot.

Sejak pengoperasiannya, jumlah kendaraan melewati tol ini rata-rata di atas lima ribu setiap hari ini. Pada momen libur panjang mencapai di atas 10 ribu lebih kendaraan.

Kenaikan tarif tol Permai berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 415/2024 Tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Ruas Tol Permai yang diteken Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, 19 Februari 2024. Disebutkan, untuk kendaraan golongan I dari Pekanbaru menuju Dumai atau sebaliknya sebesar Rp171.500.

Kendaraan masuk jenis golongan I umumnya adalah kendaraan pribadi, termasuk kendaraan pick up, truk kecil dan bus. Kemudian, untuk kendaraan Golongan II sebesar Rp257.000.

Sementara untuk golongan IV dan V Rp343 ribu penyesuaian tarif disamakan. Jenis kendaraannya truk dengan 3 gandar dan empat gandar.

"Kepmen penyesuaian tarif tol pada ruas jalan tol Pekanbaru-Dumai sudah terbit per tanggal 19 Februari 2024 dan disebutkan bahwa berlaku efektif empat belas hari kalender setelah Kepmen ditetapkan," papar Jarot.(mr)

Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini