Guru UPT SMPN 1 Bangkinang Kota Ikuti Pelatihan Blended Learning

Redaksi Redaksi
Guru UPT SMPN 1 Bangkinang Kota Ikuti Pelatihan Blended Learning
Ist
Pelatihan Blended Learning yang diikuti 76 guru di SMPN 1 Bangkinang kota.(Foto: Ist)

Guru UPT SMPN 1 Bangkinang Kota Ikuti Pelatihan Blended Learning

KAMPAR - Sebanyak 76 guru UPT SMPN 1 Bangkinang Kota dari berbagai bidang studi mengikuti Pelatihan Blended Learning Guru Se-Kabupaten Kampar, Rabu (2/11/2022). Kegiatan dilaksanakan di gedung UPT SMPN 1 Bangkinang Kota, Bangkinang.

Kegiatan ini ditaja oleh dosen-dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau (UR). Di antaranya Dr. Eliwarty, M. App. Ling, Dr. Indah Tri Purwanti, M. App, Ling, Dra. Atni Prawati, M. Ed, Dra. Romiri Rotua Aruan, M. Hum, Prof. Dr. Hadriana, M.Pd. Turut juga dua mahasiswi UR, yakni Cahya Belinda dan Misnawati.

Dalam penyampaiannya, pemateri menyampaikan bahwa pembelajaran terpadu blended learning ini yakni model pembelajaran yang menggabungkan ruang dan pengalaman belajar secara online(daring) dan tatap muka.

Ada beberapa poin penting dalam pelatihan ini. di antaranya terkait strategi penerapan yang terdiri dari apersepsi dan konsepsi materi ajar, di mana guru harus memiliki bahan ajar serta strategi pembelajaran. Selain itu juga proses interaksi pembelajaran dan proses penguatan dan evaluasi.

Dalam pelatihan ini, para guru dikenalkan pada beberapa cara serta kombinasi antara pembelajaran secara online dan tatap muka. Termasuk penyampaian pembelajaran di dalam kelas dan secara daring.

Dr. Eliwarty, Ketua kegiatan menyampaikan, Revolusi Industri 4.0 telah mendorong lahirnya Pendidikan 4.0 dan menguatkan kebutuhan inovasi dalam metode pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Karakteristik siswa sekarang sebagai generasi post-millennial yang sangat akrab dengan teknologi, visual-based learning, dan mempunyai kemampuan mencari sumber belajar yang cepat merupakan potensi yang perlu dikelola dalam pembelajaran.

Oleh karena itu, perlu upaya dan strategi memanfaatkan potensi dan sistem yang ada guna mendorong siswa untuk mempunyai kompetensi abad 21 dan menjadi pembelajar sepanjang hayat dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar internal dan eksternal dalam proses pembelajaran.

Sementara, Kepala UPT SMPN 1 Bangkinang Kota, Hj. Masniar, S.Pd, M.Pd sangat menyambut baik kegiatan yang ditaja para dosen FKIP UR di sekolahnya ini.

"Harapan kita pelatihan ini dapat mengasah dan meningkatkan wawasan serta kemampuan para guru SMPN 1 Bangkinang Kota," tutur Masniar. (Andi)

Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini