Positif Narkoba, THL di Pekanbaru Terancam Diberhentikan

Redaksi Redaksi
Positif Narkoba, THL di Pekanbaru Terancam Diberhentikan
Tes urine personil Satpol PP Provinsi Riau beberapa waktu lalu.(Foto: Ist)

PEKANBARU - Para Tenaga Harian Lepas (THL) atau tenaga honor di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru telah menjalani tes urine sebagai salah satu syarat perpanjangan kontrak kerja tahun 2023 ini. Ada di antara THL yang terindikasi memiliki hasil positif narkoba.

Pemko dengan tegas menyatakan, tidak ada toleransi bagi THL yang positif mengkonsumsi narkoba. THL yang memiliki hasil tes urine positif narkoba ini, kontrak kerjanya tidak diperpanjang atau diberhentikan.

"Kalau (THL) positif berhenti. Tes urine masih berlanjut, itu kan ada di Dinas Perhubungan dan Satpol PP," kata Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, kepada media pada Selasa kemarin di Pekanbaru.

Indra Pomi belum mendapatkan laporan resmi terkait berapa jumlah THL yang memiliki hasil positif narkoba. Karena saat ini untuk pemeriksaan tes urine masih terus berlangsung.

Indra juga mengingatkan kepada kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Pekanbaru untuk profesional menyikapi. Jika memang terbukti positif THL mengonsumsi narkoba, agar tidak memperpanjang kontrak kerja yang bersangkutan.

"Kalau memang dia positif, ya tentu tidak kita pakai. Bebas narkoba itu salah satu poin syarat untuk memperpanjang kontrak," jelas Indra Pomi.

Dia juga mengingatkan para THL harus memahami tugas yang ia emban di OPD. Jangan sampai orangnya ada, namun tidak tahu apa yang mesti ia kerjakan.

"Artinya merugikan pemerintah kota juga. Makanya kepala OPD melakukan seleksi ulang terhadap mereka-mereka yang kinerjanya gak bagus. Kalau kinerjanya bagus pasti akan dipertahankan, dan tentu mesti bebas narkoba," ungkapnya.

Ia menerangkan, salah satu syarat bebas narkoba dibuat agar tidak menjangkit ke tindakan kriminal lainnya atau penyakit masyarakat. Apalagi total jumlah THL yang ada pada seluruh OPD mencapai 8.000 orang.

Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers riaueditor.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online riaueditor.com Hubungi kami: riaueditor@gmail.com
Komentar
Berita Terkini